Dua prajurit India berada di area Himalaya dekat garis perbatasan Tiongkok. (Tauseef Mustafa/AFP/Getty)
Dua prajurit India berada di area Himalaya dekat garis perbatasan Tiongkok. (Tauseef Mustafa/AFP/Getty)

India Pulangkan Prajurit Tiongkok yang Lintasi Perbatasan

Internasional india tiongkok Konflik India-Tiongkok
Willy Haryono • 21 Oktober 2020 17:05
New Delhi: Pemerintah India memulangkan seorang prajurit Tiongkok yang tak sengaja melintasi garis perbatasan neara di pegunungan Himalaya. Prajurit dari Pasukan Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) itu sempat ditahan di area Demchok, Ladakh.
 
Dilansir dari laman BBC pada Rabu, 21 Oktober 2020, New Delhi mengatakan bahwa prajurit tersebut sempat kebingungan menentukan arah sehingga tersesat ke wilayah India. Saat ditahan, prajurit tersebut mendapat bantuan medis, termasuk oksigen, dari militer India.
 
Gestur pemulangan prajurit ini dapat menurunkan ketegangan yang terjadi antara India dan Tiongkok, terutama di zona perbatasan Himalaya. Ketegangan keduanya sempat meningkat sejak terjadinya bentrokan berdarah di area konflik pada Juni lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tersesatnya seorang prajurit Tiongkok terjadi setelah New Delhi dan Beijing menggelar rangkaian dialog di level militer untuk menurunkan ketegangan.
 
"Prajurit tersebut sudah dipulangkan sesuai protokol yang disepakati," ujar militer India.
 
Personel militer India dan Tiongkok terkadang saling melintasi perbatasan yang garis perbatasannya kurang terlihat jelas. Garis perbatasan India dan Tiongkok ini disebut Line of Actual Control (LAC).
 
Kedua kubu sering saling menyalahkan atas pelanggaran garis perbatasan, yang terkadang berujung pada bentrokan.
 
Ini bukan kali pertama India dan Tiongkok saling memulangkan warga yang melintasi perbatasan. September lalu, Tiongkok membebaskan lima warga India yang melintasi perbatasan.
 
India mengatakan kelima pemuda itu, dari negara bagian yang berbatasan dengan Tiongkok, adalah pemburu hewan yang tak sengaja melintasi garis perbatasan ke Negeri Tirai Bambu.
 
Baca:India Uji Jet Tempur Anyar di Dekat Perbatasan Tiongkok
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif