Grafik kekuatan gempa bumi dari alat seismograf. (AFP)
Grafik kekuatan gempa bumi dari alat seismograf. (AFP)

Gempa Bumi Kuat Guncang Taiwan, Layanan Kereta Api Terhenti

Willy Haryono • 18 September 2022 09:45
Taipei: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang lepas pantai timur Taiwan pada Sabtu, 17 September 2022, menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS. Dikutip dari geo.tv, gempa dilaporkan terjadi sekitar pukul 21.30 waktu setempat, dengan episentrum berkisar 50 kilometer dari kota Taitung dan kedalaman 10 km.
 
Menurut laporan media lokal, kuatnya guncangan membuat benda-benda berjatuhan dari sejumlah rumah dan toko. Layanan kereta api untuk beberapa rute juga sempat terhenti akibat gempa tersebut.
 
Biro Cuaca Sentral Taiwan mencatat kekuatan gempa bumi sedikit lebih rendah dari versi USGS, yaitu 6,4, dengan kedalaman 7,3 km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebuah rumah tak berpenghuni di Hualien County, sekitar 165 km dari wilayah pesisir, roboh akibat gempa. Menurut keterangan Badan Kereta Api Taiwan, layanan kereta penghubung Hualien dan Taitung sempat dihentikan akibat gempa.
 
Lima layanan kereta api cepat di Taiwan juga dihentikan untuk pemeriksaan keamanan. Layanan kereta api metro di Taipei dan Kaohsiung City juga dihentikan sementara.
 
Taiwan sering dilanda gempa bumi karena pulau tersebut terletak dekat persimpangan dua lempeng tektonik. Taiwan tidak akan mengeluarkan peringatan tsunami, kecuali jika gempanya berada di atas magnitudo 7,0.
 
Beberapa gempa di atas 6,0 dapat menjadi berbahaya, walau tetap tergantung dari lokasi episentrum dan kedalamannya. Meski gempa terbaru di Taiwan cukup dangkal, USGS mengatakan kecil kemungkinan ada korban jiwa, walau potensi kerusakan bangunan masih memungkinkan.
 
Baca:  Gempa Kuat Hantam Taiwan, Operasi MRT Terhenti
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif