Menlu Tiongkok Wang Yi (kiri) dan Menlu Retno Marsudi (kanan) dalam pernyataan pers bersama, Rabu, 13 Januari 2021. Foto: Medcom.id/Marcheilla.
Menlu Tiongkok Wang Yi (kiri) dan Menlu Retno Marsudi (kanan) dalam pernyataan pers bersama, Rabu, 13 Januari 2021. Foto: Medcom.id/Marcheilla.

Indonesia-Tiongkok Tegakkan Prinsip Multilateralisme untuk Akhiri Pandemi Covid-19

Internasional bulutangkis ag2014 asean indonesia-tiongkok
Marcheilla Ariesta • 13 Januari 2021 21:42
Jakarta: Indonesia dan Tiongkok sepakat untuk bekerja sama menegakkan prinsip multilateralisme dalam penanganan virus korona (covid-19). Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, saat berkunjung ke Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.
 
"Covid-19 sekali lagi menunjukkan bahwa negara kita adalah komunitas dengan masa depan bersama. Peran lembaga multilateral menjadi lebih penting dari sebelumnya," tutur Wang Yi.
 
Dalam pernyataan pers bersama dengan Menlu Retno Marsudi, Wang Yi menuturkan, dalam konteks ASEAN, Tiongkok siap bekerja sama dengan seluruh negara di Asia Tenggara untuk memerangi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan bekerja sama untuk mempercepat pemulihan dan lewat perjanjian RCEP, untuk mendapatkan manfaat dari kawasan perdagangan bebas terbesar di dunia," serunya.
 
Ia menambahkan, Tiongkok akan sepenuhnya mendukung Indonesia yang akan menjadi tuan rumah pertemuan G20 pada 2022. Wang Yi menuturkan akan selalu bekerja sama untuk menegakkan multilateralisme.
 
"Dan bagian kami adalah berkontribusi untuk perdamaian, stabilitas, serta perkembangan dunia di luar covid-19," serunya.
 
Tahun baru, kata Wang Yi, membawa harapan baru. Ia percaya masyarakat Indonesia dan Tiongkok akan menjadi lebih kuat setelah pandemi covid-19 berakhir.
 
"Dan hubungan kita akan tumbuh semakin tangguh setelah covid-19," pungkasnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif