Pesawat jet tempur J-10 milik Tiongkok. (Foto: AFP)
Pesawat jet tempur J-10 milik Tiongkok. (Foto: AFP)

Taiwan Kembali 'Usir' Pesawat Jet Tempur Tiongkok

Internasional tiongkok taiwan
Willy Haryono • 17 Juni 2020 16:15
Taipei: Angkatan Udara Taiwan kembali "mengusir" sebuah pesawat jet tempur Tiongkok yang sempat melanggar zona udara pada Selasa 16 Juni. Dikutip dari Channel News Asia, Rabu 17 Juni 2020, ini merupakan pelanggaran udara ketiga yang dilakukan Tiongkok di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Taiwan dalam sepekan terakhir.
 
Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, sebuah jet tempur tipe J-10 milik Tiongkok memasuki zona udara selama beberapa saat. Angkatan Udara Taiwan pun memberikan peringatan radio, dan 'mendorong' pesawat itu keluar dari zona identifikasi.
 
Selasa pekan kemarin, Kemenhan Taiwan mengatakan bahwa beberapa jet tempur Su-30 -- salah satu tipe pesawat tercanggih Tiongkok -- melintasi zona udara yang sama dan juga sudah diperingatkan untuk segera pergi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumat kemarin, pesawat Y-8 milik Tiongkok juga memasuki zona udara Taiwan tanpa izin. Setelah diberi peringatan, pesawat yang didesain di era Uni Soviet itu meninggalkan Taiwan.
 
Pelanggaran udara oleh Y-8 terjadi beberapa jam usai Taiwan melakukan uji coba misil di wilayah pesisir timur.
 
Taiwan mengeluhkan bahwa Tiongkok telah meningkatkan aktivitas militer di kawasan dalam beberapa bulan terakhir. Beijing dinilai terus mengganggu Taipei di saat komunitas global tengah serius menangani pandemi virus korona (covid-19).
 
Tiongkok belum berkomentar secara publik mengenai aktivitas udara di dekat Taiwan. Beijing selama ini mengatakan bahwa penerbangan semacam itu merupakan latihan rutin yang bertujuan menunjukkan tekad membela kedaulatan negara.
 
Negeri Tirai Bambu menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, yang sewaktu-waktu dapat diklaim secara penuh -- dengan kekuatan militer jika diperlukan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif