Militer Australia akan dilengkapi dengan senjata dari Korea Selatan. Foto: AFP
Militer Australia akan dilengkapi dengan senjata dari Korea Selatan. Foto: AFP

Perkuat Kemitraan Pertahanan, Australia Beli Senjata dari Korsel

Internasional pertahanan negara Australia korea selatan
Marcheilla Ariesta • 13 Desember 2021 11:54
Canberra: Australia setuju membeli artileri K9 dari Korea Selatan (Korsel). Dengan persetujuan ini, Negeri Kanguru meningkatkan hubungan antara industri pertahanan mereka dengan Seoul.
 
Langkah ini diambil untuk memperkuat kemitraan keamanan komprehensif yang baru di tengah meningkatnya ketegangan dengan Tiongkok.
 
Selain itu, kedua negara juga berjanji untuk meningkatkan perdagangan mineral dan energi bersih dalam pakta yang ditandatangani Presiden Korsel Moon Jae-in dan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison di Canberra pada Senin, 13 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Al Arabiya, kunjungan Moon merupakan kedatangan pemimpin asing yang pertama sejak Australia kembali membuka perbatasannya bulan ini.
 
"Kami berbagi pandangan tentang peran demokrasi liberal di dunia saat ini, khsuusnya di Indo-Pasifik," kata Morrison kepada awak media usai menandatangani empat pakta.
 
"Kami memahami betapa pentingnya bagi supremasi hukum, untuk organisasi multilateral yang didasarkan pada tatanan dunia yang mengutamakan kebebasan, dan bahwa negara-negara di kawasan kami sendiri dapat memiliki pilihan, baikd alam ekonomi, perdamaian, atau keamanan mereka," lanjutnya.
 
Pembicaraan ini terjadi ketika Morrison mencari hubungan keamanan lebih kuat dengan 'negara demokrasi yang berpikiran sama' dalam upaya untuk bertindak melawan peningkatan kehadiran Tiongkok di Indo-Pasifik.
 
Beijing marah dengan pakta Australia bersama Amerika Serikat dan Inggris (AUKUS) pada September lalu untuk membangun armada kapal selam nuklir baru. Mereka mengatakan, kemitraan baru tersebut hanya akan memicu perlombaan senjata di wilayah tersebut.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif