Foto satelit memperlihatkan erupsi gunung berapi bawah laut di perairan Tonga. (CIRA/NOAA)
Foto satelit memperlihatkan erupsi gunung berapi bawah laut di perairan Tonga. (CIRA/NOAA)

Populer Internasional: Erupsi Gunung Berapi Tonga Picu Gelombang Tsunami

Willy Haryono • 17 Januari 2022 08:49
Jakarta: Erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga pada akhir pekan kemarin menjadi sorotan global. Kabar tersebut mendominasi berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Senin ini, 17 Januari 2022.
 
Sementara berita terpopuler lainnya di luar erupsi dan tsunami Tonga adalah ledakan bom bunuh diri di ibu kota Somalia yang melukai salah satu pejabat penting di negara tersebut.

Berikut selengkapnya:

  • Tidak Ada WNI Jadi Korban Erupsi dan Tsunami Tonga

Erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga, Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai, terasa di seantero negeri dan beberapa negara pulau lainnya di Pasifik, termasuk Samoa dan Cook Islands. Gelombang tsunami yang ditimbulkan dari erupsi itu bahkan terjadi di pesisir Jepang.
 
Sejauh ini, Tonga belum mengumumkan ada tidaknya korban jiwa atau luka, karena jaringan komunikasi di sana terputus usai erupsi.
 
"Samoa dan Cook Islands juga terdampak (erupsi dan tsunami). KBRI Wellington sudah menghubungi simpul WNI di masing-masing tempat, dan dilaporkan tidak ada WNI yang jadi korban," ucap keterangan tertulis Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha.
 
Apa lagi yang disampaikan Kemenlu RI terkait kondisi WNI di Tonga? Cek selengkapnya di sini.
  • Juru Bicara Pemerintah Somalia Terkena Ledakan Bom Bunuh Diri

Juru bicara Pemerintah Somalia terluka akibat terkena ledakan bom bunuh diri di sebuah persimpangan jalan di ibu kota Mogadishu, Minggu, 16 Januari. Seorang juru kamera Reuters di lokasi kejadian mengaku melihat adanya sejumlah potongan tubuh manusia di luar rumah milik jubir pemerintah, Mohamed Ibrahim Moalimuu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Moalimuu langsung dilarikan ke rumah sakit usai kejadian.
 
"Seorang pelaku bom bunuh diri menargetkan jubir pemerintah, yang kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit," tutur jubir Kepolisian Mogadishu, Abdifatah Aden.
 
Apa lagi detail terkait serangan teror tersebut? Cek selengkapnya di sini.
  • Tsunami yang Dipicu Erupsi Gunung di Tonga Hantam Pesisir Jepang

Setelah terjadinya erupsi gunung berapi bawah laut di negara pasifik Tonga, gelombang tsunami yang ditimbulkannya menghantam pesisir Jepang pada Sabtu malam. Menurut laporan Kyodo News, tsunami setinggi 1,2 meter terpantau di pesisir kota Amami, sementara yang setinggi 1,1 meter di prefektur Iwate.
 
Agensi Meteorologi Jepang (JMA) memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi 3 meter dapat melanda beberapa pulau di barat daya Jepang.
 
Sejauh ini, tidak ada laporan kematian atau korban luka maupun kerusakan parah akibat tsunami di Jepang.
 
Apa lagi yang disampaikan JMA terkait tsunami yang dipicu erupsi di Tonga? Cek selengkapnya di sini.

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif