Tenaga kesehatan membersihkan tempat tidur di pusat isolasi Covid-19 sebuah rumah sakit pemerintah di Chennai, India, 6 Januari 2022. (Arun SANKAR / AFP)
Tenaga kesehatan membersihkan tempat tidur di pusat isolasi Covid-19 sebuah rumah sakit pemerintah di Chennai, India, 6 Januari 2022. (Arun SANKAR / AFP)

India Catat 2 Kematian Perdana Terkait Varian Omicron

Internasional India covid-19 Vaksinasi covid-19 Omicron Varian Omicron
Willy Haryono • 08 Januari 2022 12:22
New Delhi: India mencatat dua kematian perdana terkait varian Covid-19 Omicron. Kematian pertama adalah seorang pria berusia 73 tahun yang pernah dinyatakan positif Covid-19 pada Desember 2021. Sementara kematian kedua terjadi pada Jumat kemarin, yaitu seorang perempuan berusia 50 tahun asal distrik Balangir, Odisha.
 
Pasien meninggal kedua diketahui memiliki komorbid, yakni penyakit stroke di bagian otak. Ia dibawa ke rumah sakit Burla Medical College, dan dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes.
 
Meski keduanya meninggal pada Desember lalu, kabar kematiannya baru disampaikan baru-baru ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara teknis, ini adalah kematian terkait Omicron. (Pasien pertama) adalah orang lanjut usia yang memiliki diabetes dan kommorbid lainnya," ucap Sekretaris Gabungan Kementerian Kesehatan India, Lav Agarwal, dilansir dari BBC, Jumat, 7 Januari 2022.
 
Surat kabar Indian Express melaporkan bahwa pasien tersebut dibawa ke rumah sakit di Udaiper, Rajasthan, pada 15 Desember, dan meninggal dunia 15 hari setelahnya. Dokter mengatakan pria itu sudah menjalani vaksinasi lengkap.
 
Dalam pertemuan Rabu kemarin, Kepala Dewan Riset Medis India (ICMR) Balram Bhargava mengatakan bahwa Omicron adalah "varian dominan di beberapa kota, sehingga semua perkumpulan massa harus dihindari."
 
Agarwal mengatakan beberapa negara bagian yabg harus mewaspadai Omicron di antaranya Maharashtra, West Bengal, Delhi, Kerala, Tamil Nadu, Karnataka, dan Jharkhand.
 
Sejauh ini India mencatat lebih dari 35 juta kasus Covid-19 dan sekitatr 482 ribu kematian sejak awal pandemi di tahun 2020.
 
Baca: India Deteksi Hampir 800 Kasus Omicron, Sebagian Besar di New Delhi
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif