Model pesawat Boeing 737-800 NG dinilai sebagai pesawat teraman di dunia./AFP
Model pesawat Boeing 737-800 NG dinilai sebagai pesawat teraman di dunia./AFP

Model Boeing 737-800 NG Dinilai sebagai Pesawat Teraman di Dunia

Marcheilla Ariesta • 22 Maret 2022 20:57
New York: Model Boeing 737-800 NG yang jatuh di Tiongkok pada Senin kemarin dianggap sebagai salah satu pesawat teraman yang pernah dibuat. Pesawat berusia enam tahun itu bagian dari 'Next Generation' (NG) yang mendahului 737 Max.
 
NG memiliki salah satu catatan keselamatan terbaik di antara semua pesawat. Tercatat ada 11 kecelakaan fatal dari sekitar 7.000 pesawat yang dikirim sejak 1997.
 
"Pesawat 737 NG telah beroperasi selama 25 tahun dan memiliki catatan keselamatan yang sangat baik," kata Paul Hayes, direktur keselamatan dan asuransi udara di Cirium, dilansir dari Straits Times, Selasa, 22 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tidak akan berspekulasi tentang apa yang terjadi tetapi jika log Flightradar24 akurat, sesuatu tampaknya telah terjadi secara tiba-tiba dan hidung pesawat menukik dari ketinggian jelajah," sambungnya.
 
Baca juga: Pesawat China Eastern Airlines Jatuh dengan Menukik Tajam
 
Penerbangan China Eastern MU5735 melakukan penurunan tiba-tiba dari ketinggian jelajah yang seharusnya. Ketinggian pesawat tiba-tiba turun hampir 31.000 kaki per menit dalam waktu sekitar lima detik.
 
Namun, setelah sekitar 45 detik, penurunan menjadi curam, dan untuk beberapa saat jet naik lebih dari 1.000 kaki.
 
Jika penurunan sebelumnya akan membuat barang-barang terlempar ke langit-langit, maka kenaikan yang cepat malah menyebabkan penumpang terjepit di kursi mereka.
 
Kenaikan ketinggian itu 'berumur pendek'. Pesawat kemudian melanjutkan penyelamannya beberapa detik sebelum terjun lagi dengan kecepatan sekitar 31.000 kaki per menit.
 
Menurut Airsafe.com, yang melacak keselamatan penerbangan, model NG hanya mengalami 0,07 kecelakaan fatal per juta penerbangan pada 2019. Itu menempatkannya di antara kelompok langka yang mencakup Boeing 747-400 dan pesaing utama 737, keluarga Airbus A320.
 
Kecelakaan fatal terbaru dari 737-800 sebelum yang terjadi Senin kemarin, yakni pada Agustus 2020. Kala itu, sebuah penerbangan Air India Express tergelincir dari landasan pacu di Kozhikode, India, menewaskan 21 orang. Investigasi menyalahkan kesalahan pilot.
 
Akibat kecelakaan ini, investor mengirim saham Boeing turun sebanyak 5,3 persen di New York. 
 
NG adalah pesawat yang sama sekali berbeda dari 737 Max, yang baru saja melalui proses sertifikasi ulang yang ketat," kata analis industri kedirgantaraan John Strickland.
 
Sementara itu, Boeing mengatakan, "Kami mengetahui laporan media awal dan sedang bekerja untuk mengumpulkan lebih banyak informasi."
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif