WNI yang berada di India dipulangkan ke Tanah Air melalui fasilitasi KBRI New Delhi. Foto: Dok.KBRI New Delhi
WNI yang berada di India dipulangkan ke Tanah Air melalui fasilitasi KBRI New Delhi. Foto: Dok.KBRI New Delhi

KBRI New Delhi Kembali Fasilitasi Kepulangan 151 WNI

Internasional Virus Korona wni Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 17 September 2020 13:32
New Delhi: KBRI New Delhi kembali memfasilitasi kepulangan 151 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di India. Mereka pulang melalui program repatriasi mandiri gelombang ke-8 setelah tertahan kurang lebih tujuh bulan di India.
 
Total 151 WNI yang terdaftar dalam program repatriasi mandiri kali ini datang dari berbagai negara bagian di India. Mereka tertahan karena dampak dari kebijakan lockdown oleh Pemerintah India untuk mengatasi pandemi virus korona (covid-19) sejak 24 Maret 2020.
 
Repatriasi gelombang ke-8 ini menggunakan maskapai Garuda Indonesia (GA8270) dengan rute penerbangan New Delhi-Jakarta-Medan. Pesawat dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta pada Kamis, 17 September 2020 pukul 02.15 dan melanjutkan penerbangan ke kota Medan pada 07.10 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari jumlah 151 peserta repatriasi yang terdaftar, jumlah peziarah religi (jemaah tabligh) menjadi yang paling dominan, yakni 122 orang, selebihnya adalah empat pelatih bulu tangkis, tiga spa terapis, empat pelancong, 10 profesional, dan delapan pemegang Overseas Citizen of India (OCI)," kata KBRI New Delhi dalam pernyataan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis, 17 September 2020.
 
Selain dari New Delhi, WNI peserta repatriasi juga ada yang tiba dari negara bagian lain di India, seperti West Bengal, Chhattisgarh, Uttar Pradesh, Haryana, Tamil Nadu, Maharashtra, dan Karnataka. Karena jarak tempuh yang jauh menuju New Delhi, para WNI dari luar wilayah New Delhi harus menggunakan penerbangan domestik atau jalur darat meskipun harus memakan waktu tempuh lebih dari empat jam menggunakan mobil.
 
Untuk mencegah WNI terpapar covid-19, Tim Satgas Covid-19 KBRI New Delhi memfasilitasi tes PCR (swab) untuk semua WNI sebagai syarat wajib dalam mengikuti program repatriasi kali ini. Tes PCR diberikan secara gratis yang dilakukan oleh laboratorium medis yang mempunyai legalitas dan akreditasi dari pemerintah India untuk melakukan tes covid-19.
 
Dubes RI untuk India, Arto Suryodipuro yang ikut turun ke bandara, menyambut langsung rombongan peziarah religi yang baru tiba dari Meerut, Negara Bagian Uttar Pradesh. Kepada mereka Dubes Arto menyampaikan selamat dan menghimbau semua WNI untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama dalam perjalanan pulang.
 
Dubes Arto juga mengapresiasi pihak-pihak terkait yang turut andil dalam menyukseskan program repatriasi ini, di antaranya tim imigrasi bandara Indira Gandhi International Airport (IGIA), Kementerian Luar Negeri India, dan pejabat kepolisian daerah yang ikut mendampingi dan menjamin kelancaran perjalanan WNI jemaah tabligh hingga tiba di IGIA New Delhi dengan selamat.
 
Program repatriasi mandiri yang difasilitasi KBRI New Delhi menuai respon positif, salah satunya dari Coach Heriawan, seorang pelatih bulu tangkis Indonesia di Raising Star Badminton Academy, Haryana.
 
"Puji Tuhan, saya bisa ikut program repatriasi kali ini, karena hingga saat ini belum ada kepastian kapan situasi bisa normal lagi. Proses mengajar di akademi tempat saya melatih juga sepertinya mengalami persoalan finansial karena lockdown ini. Terima kasih buat tim KBRI yang aktif dan memberikan perhatian dengan kondisi kami," tuturnya.
 
Raut bahagia juga tersirat dari wajah Wiranata, pria asal Medan yang bersama istrinya ke India untuk program ziarah religi.
 
"Tidak terkira rasa syukur dan terima kasih saya kepada KBRI, akhirnya sebentar lagi bisa melihat anak-anak kami yang sudah tujuh bulan ditinggalkan di Medan. Sekarang istri saya juga sedang hamil lima bulan, tidak bisa dibayangkan kalau harus lebih lama tinggal di India, kasihan istri saya. Semangat terus untuk KBRI New Delhi," ujarnya.
 
Sejauh ini, KBRI New Delhi telah berhasil memfasilitasi kepulangan sebanyak 805 WNI tertahan di India, melalui repatriasi jilid 1 sebanyak 59 WNI, jilid 2 sebanyak 107 WNI, jilid 3 sebanyak 47 WNI, jilid 4 hanya satu WNI, jilid 5 sebanyak 24 WNI, jilid 6 sebanyak 135 WNI, jilid 7 sebanyak 281 WNI, dan repatriasi jilid 8 kali ini sebanyak 151 WNI.
 
(FJR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif