Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (dua kanan) menyambut kedatangan beberapa pejabat AS, termasuk Menkes Alex Azar (kanan) di Taipei, Senin 10 Agustus 2020
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (dua kanan) menyambut kedatangan beberapa pejabat AS, termasuk Menkes Alex Azar (kanan) di Taipei, Senin 10 Agustus 2020

Menkes AS Temui Presiden Taiwan, Tiongkok Geram

Internasional amerika serikat taiwan as-tiongkok
Willy Haryono • 10 Agustus 2020 13:00
Taipei: Menteri Kesehatan Amerika Serikat Alex Azar menemui langsung Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada Senin 10 Agustus. Ia menyampaikan bahwa Presiden AS Donald Trump mendukung penuh Taiwan yang menegakkan nilai-nilai demokrasi.
 
Kunjungan Azar memicu kecaman dari Tiongkok. Beijing pun berjanji akan melakukan semacam balasan atas kunjungan tersebut.
 
"Merupakan kehormatan bagi saya untuk menyampaikan dukungan kuat dari Presiden Trump kepada Taiwan," ujar Azar kepada Tsai di kantor kepresidenan Taiwan, dilansir dari laman The Straits Times.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Azar berkunjung ke Taiwan untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan kesehatan. Ia juga datang untuk menunjukkan dukungan AS terhadap Taiwan dalam memerangi pandemi virus korona (covid-19).
 
"Respons Taiwan terhadap covid-19 merupakan salah satu yang paling berhasil di dunia. Hal itu dapat terwujud berkat nilai-nilai demokrasi Taiwan yang juga menjunjung tinggi keterbukaan dan transparasi," ujar Azar.
 
Langkah-langkah cepat Taiwan di fase awal pandemi berhasil menekan angka penyebaran virus tersebut di bawah 500. Hingga kini, Taiwan juga hanya mencatat tujuh kematian dari infeksi covid-19, yang sebagian besarnya adalah jenis kasus impor.
 
AS, negara dengan angka kasus dan kematian tertinggi akibat covid-19, berulang kali berseteru dengan Tiongkok terkait pandemi. Washington menuding Beijing tidak transparan dalam merilis data-data seputar covid-19.
 
Tsai mengatakan kepada Azar bahwa kunjungan ini merupakan "langkah besar dalam kolaborasi anti-pandemi" antar AS dan Taiwan. Ia menyebutkan beberapa area kerja sama, termasuk riset dan produksi vaksin covid-19.
 
Taiwan berterima kasih kepada AS yang mendukung kehadirannya dalam pertemuan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Taiwan bukan anggota WHO karena penentangan dari Tiongkok.
 
(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif