Otoritas Tiongkok telah memusnahkan lebih dari 17 ribu ayam di Hunan, Sabtu 1 Februari 2020. (Foto: AFP)
Otoritas Tiongkok telah memusnahkan lebih dari 17 ribu ayam di Hunan, Sabtu 1 Februari 2020. (Foto: AFP)

Tiongkok Deteksi Kasus Perdana Flu Burung H3N8 di Tubuh Manusia

Internasional flu burung Tiongkok
Willy Haryono • 27 April 2022 15:13
Beijing: Tiongkok telah mengonfirmasi kasus perdana flu burung H3N8 di tubuh manusia. Kendati begitu, otoritas kesehatan Tiongkok mengatakan bahwa risiko penyebaran luas H3N8 di tengah masyarakat relatif rendah.
 
H3N8 diketahui mulai bersirkulasi sejak 2002, sejak pertama kali muncul di kawanan unggas di kawasan Amerika Utara. Virus ini diketahui bisa menginfeksi kuda, anjing dan anjing laut, dan belum pernah terdeteksi di tubuh manusia sebelumnya.
 
Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok (NHC) mengatakan bahwa seorang bocah berusia empat tahun yang tinggal di provinsi Henan dinyatakan posittif H3N8. Sebelumnya, ia pernah dirawat di rumah sakit akibat demam dan gejala-gejala lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keluarga bocah tersebut diketahui memelihara ayam di lingkungan rumah, dan selama ini hidup di sebuah area yang dipenuhi kawanan bebek liar.
 
NHC mengatakan bocah yang tidak disebutkan namanya itu terinfeks langsung dari unggas. "Varian ini tidak memiiki kemampuan yang dapat menginfeksi manusia secara efektif," sebut NHC, dikutip dari India Today, Rabu, 27 April 2022.
 
"Hasil tes dari beberapa kontak dekat bocah tersebut tidak menunjukkan adanya abnormalitas," sambungnya.
 
Menurut NHC, infeksi perdana ini merupakan sebuah peristiwa langka, sehingga risiko terjadinya transmisi berskala besar di tengah masyarakat relatif rendah.
 
Kendati begitu, NHC tetap memperingatkan warga untuk menghindari unggas yang sakit atau mati, dan pergi ke rumah sakit jika mengalami demam atau gangguan pernapasan.
 
Sebagian besar kasus flu burung terjadi di kalangan unggas atau burung liar. Penularan flu burung di antara manusia merupakan sesuatu yang sangat langka.
 
Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sebagian besar kasus flu burung di kalangan manusia berasal dari varian H5N1 dan H7N9.
 
Baca:  Tiongkok Konfirmasi Kasus Perdana Flu Burung H10N3 di Tubuh Manusia
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif