Ilustrasi ledakan (Medcom.id)
Ilustrasi ledakan (Medcom.id)

7 Warga Sipil Tewas dalam Ledakan Bom Mobil di Herat Afghanistan

Willy Haryono • 23 Januari 2022 09:30
Herat: Sebuah bom yang dipasang ke satu unit minivan meledak di provinsi Herat, Afghanistan pada Sabtu, 22 Januari, menewaskan setidaknya tujuh warga sipil dan melukai sembilan lainnya, ucap keterangan beberapa petinggi kelompok Taliban.
 
Dilansir dari laman India Today, Minggu, 23 Januari 2022, sejauh ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan terbaru di Herat.
 
Namun untuk beberapa serangan terdahulu terhadap warga sipil di Afghanistan, kelompok Islamic State (ISIS) kerap mengklaim tanggung jawab. Tidak hanya terhadap warga sipil, ISIS juga sering menyerang petugas keamanan Afghanistan dan bahkan anggota Taliban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Modus operandi dalam ledakan bom mobil di Herat pada Sabtu kemarin merupakan kali pertama terjadi di provinsi tersebut. Pejabat lokal Taliban Naeemulhaq Haqqani mengaku sedang menyelidiki ledakan tersebut.
 
Seorang pejabat intelijen Taliban di Herat bagian barat mengatakan bahwa sebuah bom dipasang di tangki bahan bakar mobil van. Ia mengaku belum mengetahui siapa pihak di balik pemasangan bom tersebut.
 
Sementara kepala layanan ambulans Herat, Ebrahim Mohammadi, mengatakan bahwa sembilan korban luka -- tiga dalam kondisi kritis -- sudah ditransfer ke rumah sakit tingkat provinsi.
 
Taliban berusaha memberantas berbagai grup ekstremis seperti ISIS sejak kembali berkuasa di Afghanistan pada Agustus 2021. Upaya ini dilakukan di saat Afghanistan tengah menghadapi krisis kemanusiaan karena berbagai faktor, termasuk pembekuan aset oleh negara-negara Barat.
 
Baca:  Serangan Bom ISIS Landa Kabul, 2 Orang Tewas 4 Terluka
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif