KJRI Mumbai menggelar Virtual Mahabharata Ballet pada Sabtu, 21 November 2020. (KRJI Mumbai)
KJRI Mumbai menggelar Virtual Mahabharata Ballet pada Sabtu, 21 November 2020. (KRJI Mumbai)

KJRI Mumbai Siapkan Virtual Mahaharata Ballet

Internasional bali india indonesia-india
Willy Haryono • 21 November 2020 17:02
Mumbai: Sekitar dua bulan lalu, tepatnya pada 5 September 2020, Konsulat Jenderal RI di Mumbai telah mempersembahkan Virtual Ramayana Ballet yang digelar secara langsung dari Candi Prambanan, Jogyakarta, Indonesia,dan disiarkan secara streaming ke India dan seluruh dunia. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari para penonton.
 
Pertunjukan tersebut disaksikan secara langsung oleh sekitar 6600 penonton, dan sampai saat ini masih terus ditonton oleh berbagai kalangan.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada para penonton yang telah membangkitkan semangat kami dan seluruh pemain untuk terus berkarya, meskipun di masa-masa yang serba terbatas saat ini," ujar keterangan tertulis KJRI Mumbai yang diterma Medcom.id pada Sabtu, 21 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konjen RI Mumbai, Agus P. Saptono, menekankan bahwa dalam upaya untuk terus mempromosikan kembali potensi pariwisata dan kekayaan seni dan budaya Indonesia, khususnya Bali kepada masyarakat India, Konsulat Jenderal RI di Mumbai kembali menghadirkan pertunjukan virtual, yaitu Sendratari Mahabharata: "Lembayung Kuruksetra" atau disingkat menjadi Mahabharata Ballet.
 
Acara ini dapat disaksikan di India, Indonesia dan belahan dunia lainnya melalui online streaming langsung dari Pertunjukan live Sendratari Mahabharata di Open Theatre Ardha Chandra, (Taman Budaya) Denpasar. Bali, Indonesia pada Sabtu, 21 November 2020, pada pukul 20.00 WITA/19.00 WIB/17.30 waktu India, melalui link Zoom dan YouTube.
 
Ramayana dan Mahabharata adalah dua epik klasik yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat dari generasi ke generasi, serta sangat popular di Indonesia dan India.
"Kita melihat bahwa Mahabharata saat ini bukan hanya sekedar cerita rakyat, tetapi telah dibuat menjadi film, teater dan sendratari. Baik produser film India maupun Indonesia menggarap cerita ini menjadi sebuah kisah kolosal yang semakin disukai masyarakat," ujar KJRI Mumbai.
 
Dalam penyelenggaraan pertunjukan Sendratari Mahabharata pada 21 November ini, Konsulat Jenderal RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Sementara, para pemain adalah dari Sanggar Karawitan Bungan Dedari. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Kedutaan Besar RI di New Delhi dan Kementerian Luar Negeri.
 
Dalam kesempatan ini, Konjen RI Mumbai juga mengatakan bahwa Perwakilan RI di luar negeri selalu bersemangat untuk tetap mempromosikan pariwisata Indonesia dan memperkenalkan keanekaragaman seni budaya yang dimiliki. Namun dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini, belum memungkinkan bagi Konsulat Jenderal RI untuk membawa Tim Kesenian tampil secara live di Mumbai, India.
 
Meskipun demikian, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini dan kerja sama yang baik antara Tim KJRI Mumbai dengan Tim ISI dan Pemprov Bali, pertunjukan live yang diselenggarakan di Open Theatre Ardha Chandra dapat disaksikan secara virtual/online streaming oleh counterpart KJRI Mumbai dan masyarakat India pada umumnya di seluruh India, serta masyarakat Indonesia di manapun berada.
 
Ditambahkan pula bahwa dukungan yang besar dari Kementerian Luar Negeri, terutama dengan kehadiran Wakil Menteri Luar Negeri untuk menyampaikan sambutan khusus pada acara ini dan bantuan dari Direktorat Informasi dan Media, Dirjen IDP Kemlu membuat pertunjukan ini terpublikasi dengan baik, sehingga menjangkau berbagai negara.
Respons positif masyarakat merupakan semangat bagi KJRI Mumbai.
 
Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan ini antara lain terlihat dari banyaknya penonton yang mengisi lembar pendaftaran, yang terdiri dari kalangan Diplomatik, pejabat pemerintah di India, para pelaku usaha dan industri, termasuk pelaku industri pariwisata yang selama ini turut mempromosikan potensi destinasi pariwisata Indonesia, budayawan, media, mahasiswa dan akademisi, masyarakat India lainnya serta masyarakat Indonesia di seluruh dunia.
 
Diharapkan, pertunjukan virtual Sendratari Mahabharata ini (Mahabharata Ballet) dapat membuka wawasan publik tentang kedekatan hubungan Indonesia dan India, khususnya dari sudut people-to-people contact yang antaranya tercermin pada kemiripan beberapa bagian seni budaya yang dimiliki Indonesia dan India. "Dan tentunya semoga pertunjukan ini dapat menjadi momentum bagi sektor pariwisata untuk kembali bangkit. Selamat menyaksikan Sendratari Mahabharata:”Lembayung Kuruksetra”, live dari Denpasar, Bali," pungkas KJRI Mumbai.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif