Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe. (Ishara S. KODIKARA / AFP)
Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe. (Ishara S. KODIKARA / AFP)

PM Wickremesinghe: Saya Mampu Pulihkan Perekonomian Sri Lanka

Willy Haryono • 05 Juli 2022 13:47
Kolombo: Ranil Wickremesinghe, perdana menteri baru Sri Lanka, mengaku yakin dapat mengatasi krisis saat ini dan memulihkan kondisi perekonomian negara. Namun ia mengingatkan bahwa upaya menuju pemulihan memakan waktu, setidaknya hingga 18 bulan ke depan.
 
"Tahun 2023 akan menjadi tahun yang sulit, tapi akan membaik di 2024," kata Wickremesinghe, dalam wawancara bersama Al Jazeera yang dirilis pada Selasa, 5 Juli 2022.
 
Pria 73 tahun itu, yang menjadi PM Sri Lanka untuk kali keenam pada Mei lalu, mengaku mengemban jabatan penting di bawah situasi yang luar biasa sulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Krisis ekonomi di Sri Lanka telah berdampak buruk pada hampir semua sektor, terutama bahan bakar minyak (BBM), makanan dan obat-obatan. Negara tersebut tidak memiliki cukup mata uang asing untuk mengimpor berbagai komoditas esensial.
 
"Kami pernah tidak memiliki pemerintahan selama hampir dua hari. Kondisinya benar-benar kacau," tutur PM Wickremesinghe, mengingat kembali aksi unjuk rasa masyarakat dalam mengecam minimnya pasokan BBM dan listrik.
 
Menurutnya, situasi di Sri Lanka saat ini benar-benar buruk. Ia bahkan pernah berkata kepada parlemen Sri Lanka bahwa perekonomian negara "sudah kolaps sepenuhnya."
 
Namun, PM Wickremesinghe mengatakan bahwa Sri Lanka adalah negaranya, tanah kelahirannya, dan tugas menjadi PM pun diambil dengan tujuan mencapai kesuksesan.
 
"Saya percaya diri mampu mengubah kondisi perekonomian ini," sebut PM Wickremesinghe.
 
Senin kemarin, stok BBM di Sri Lanka hanya cukup untuk kurang dari satu hari. "Sedangkan pengiriman bensin berikutnya tidak lebih dari dua pekan ke depan," ucap Menteri Energi Sri Lanka Kanchana Wijesekera.
 
Pekan lalu, Sri Lanka menangguhkan penjualan bensin dan solar untuk kendaraan yang tidak penting, termasuk mobil pribadi.
 
Baca:  Stok BBM Sri Lanka Hanya Cukup untuk Kurang dari 1 Hari 
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif