Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pimpin rapat besar partai. Foto: Yonhap
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pimpin rapat besar partai. Foto: Yonhap

Kim Jong-Un Tetapkan Tujuan Baru untuk Militer Korea Utara

Fajar Nugraha • 28 Desember 2022 13:22
Pyongyang: Kim Jong-un mengumumkan tujuan baru untuk militer Korea Utara (Korut) dalam sebuah laporan kepada para pemimpin partai. Laporan ini mengisyaratkan bahwa uji coba senjata penghancur sanksi akan berlanjut tahun depan.
 
Kim saat ini memimpin pertemuan partai besar di ibu kota Pyongyang. Di mana pemimpin puncak dan pejabat senior partai lainnya menguraikan tujuan kebijakan mereka untuk tahun 2023 di bidang-bidang utama termasuk diplomasi, keamanan, dan ekonomi.
 
“Kim Jong-un menetapkan tujuan utama baru untuk memperkuat kemampuan pertahanan mandiri yang akan didorong ke depan pada tahun 2023," lapor Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), seperti dikutip AFP, Rabu 28 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Laporan tersebut menganalisis dan menilai situasi tantangan baru yang diciptakan di semenanjung Korea," kata KCNA, merujuk pada peningkatan tajam baru-baru ini dalam ketegangan antara Utara dan Selatan.
 
“Kim memperjelas orientasi perjuangan melawan musuh yang harus dipatuhi oleh Partai kita," tambah KCNA.
 
Korea Utara telah melakukan sejumlah tes senjata yang memecahkan rekor tahun ini, termasuk menembakkan rudal balistik antarbenua. Tes senjata itu jelas yang dilarang untuk diuji oleh sanksi PBB.
 
Pyongyang juga meningkatkan ketegangan dengan Seoul, termasuk menembakkan artileri ke zona penyangga maritim dan minggu ini mengirim pesawat tak berawak ke wilayah udara Korea Selatan.
 
Serbuan oleh lima drone -,insiden pertama sejak 2017,- mendorong Seoul untuk melepaskan tembakan peringatan dan mengerahkan jet tempur dan helikopter serang untuk menembak jatuh mereka.
 
Rapat pleno akhir tahun Korea Utara biasanya digunakan oleh rezim untuk mengungkap prioritas negara baik di dalam maupun luar negeri untuk tahun depan.
 
Rincian lengkap dari pleno yang sedang berlangsung saat ini diharapkan akan diumumkan saat selesai akhir pekan ini.
 
Sementara Kim fokus pada ekonomi domestik pada acara 2021, para analis secara luas mengharapkan perubahan nada untuk menyoroti front militer tahun ini, mengingat meningkatnya permusuhan Korea Utara yang bersenjata nuklir.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif