WNI laksanakan Salat Idulfitri di KBRI Sri Lanka. Foto: KBRI Kolombo
WNI laksanakan Salat Idulfitri di KBRI Sri Lanka. Foto: KBRI Kolombo

Sri Lanka Krisis, WNI Rayakan Idulfitri dengan Sederhana

Internasional wni sri lanka KBRI Idulfitri 1443
Marcheilla Ariesta • 04 Mei 2022 11:42
Kolombo: KBRI Kolombo menggelar Salat Idulfitri bersama dengan warga negara Indonesia (WNI) di Sri Lanka. Salat Id bersama kali ini digelar offline setelah dua tahun virtual.
 
"Penetapan 1 Syawal 1443, yang menandai Hari Raya Idul Fitri, sebelumnya dilakukan oleh All Ceylon Jamiyyathul Ulama melalui Sidang Isbat yang digelar pada 1 Mei 2022,"  ungkap Heru Prayitno, Konselor KBRI Kolombo, yang dikutip dari keterangan tertulis KBRI Kolombo, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Salat Idulfitri di KBRI Kolombo berlangsung di ruang Riptaloka yang telah ditata untuk menampung masyarakat Indonesia yang merindukan Salat berjamaah, yang tidak terjadi selama dua tahun akibat pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salat Idulfitri dirangkai dengan khotbah yang disampaikan oleh H. Muhamad Tahang dengan tema kembalinya seorang Muslim pada kondisi yang fitrah setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan," tutur Heru.
 
Sri Lanka Krisis, WNI Rayakan Idulfitri dengan Sederhana
Dubes Dewi Gustina Tobing. Foto: KBRI Kolombo
 
Saat menyampaikan sambutan setelah salat, Duta Besar RI untuk Sri Lanka, Dewi Gustina Tobing, mengajak masyarakat Indonesia memanfaatkan momentum Idulfitri untuk memperkuat tali persaudaraan dan kesetiakawanan sosial mengingat Idulfitri di Sri Lanka pada tahun ini berlangsung dalam suasana yang penuh keprihatinan akibat krisis ekonomi.
 
"Pemerintah Indonesia, didukung oleh sembilan perusahaan farmasi, ikut membantu mengirimkan obat-obatan dan alat-alat kesehatan senilai Rp22,5 miliar atau setara USD1,6 juta yang sangat dibutuhkan rakyat Sri Lanka," jelas Dewi.
 
Dewi selanjutnya menyampaikan kondisi di Sri Lanka saat ini mengharuskan masyarakat Indonesia merayakan Idulfitri secara sederhana. Namun, Dewi berkeyakinan bahwa seluruh masyarakat Indonesia di Sri Lanka tetap dapat menjalankan ibadah Ramadan secara khusyuk dan tetap dapat menerapkan hikmah Puasa Ramadan.
 
"Marilah kita senantiasa menghidupkan nilai-nilai Ramadan dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan saudara-saudara kita baik yang berada di Sri Lanka, Maladewa maupun yang berada di tanah air," ucapnya.
 
Pelaksanaan salat Idulfitri dihadiri sekitar 100 orang, berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Masyarakat Indonesia yang hadir pada umumnya mengungkapkan rasa bahagianya dapat berkumpul dan bersilahturahmi dengan sesama warga Indonesia di hari yang fitri ini.
 
"Rasa bahagia semakin bertambah mengetahui adanya oleh-oleh dari KBRI yang dapat disantap di rumah, yaitu paket ketupat lengkap dengan opor ayam dan lauk pauk khas lebaran sebagai pengobat rindu kampung halaman," pungkas Heru.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif