Perdana Menteri interim Malaysia, Mahathir Mohamad. (Foto: The Star).
Perdana Menteri interim Malaysia, Mahathir Mohamad. (Foto: The Star).

Mahathir Didukung Anwar untuk Kembali Jadi PM Malaysia

Internasional politik malaysia
Marcheilla Ariesta • 29 Februari 2020 11:16
Kuala Lumpur: Mahathir Mohamad mengatakan telah setuju untuk kembali menjadi kandidat perdana menteri dari koalisi berkuasa Pakatan Harapan (PH). Keputusannya diambil sepekan setelah dirinya mengundurkan diri sebagai perdana menteri.
 
"Saya sekarang yakin bahwa saya memiliki angka yang diperlukan untuk mendapat dukungan mayoritas," kata Mahathir dalam sebuah pernyataan, yang dilansir dari Aljazeera, Sabtu 29 Februari 2020.
 
Jika dia kembali terpilih sebagai perdana menteri, maka Mahathir akan menjadi pemimpin pemerintahan tertua di dunia dengan usia 94 tahun. Dia akan bersatu kembali dengan sekutunya, Anwar Ibrahim, dan melanjutkan koalisi PH yang membawa mereka dalam kemenangan pada pemilu 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pakatan Harapan menyatakan dukungan penuhnya terhadap Mahathir sebagai kandidat perdana menteri," kata koalisi tersebut dalam sebuah pernyataan.
 
Anwar juga mengunggah di sosial media pernyataan tersebut. Dia menyatakan bahwa PH akan terus memperjuangkan prinsip-prinsipnya koalisi dalam pemerintahan.
 
Dengan demikian, Mahathir telah memastikan kemungkinan dukungan yang dia butuhkan untuk kembali menjadi perdana menteri penuh waktu. Kini, setelah mengundurkan diri sebagai perdana menteri, Raja Malaysia menunjukkan sebagai perdana menteri sementara sampai PM yang baru dilantik.
 
Sebelumnya, United Malays National Organisation (UMNO) dan Parti Islam Se-Malaysia (PAS) telah menyampaikan dukungan mereka kepada Muhyiddin Yassin, ketua Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), untuk menjadi perdana menteri baru Malaysia. Seluruh 36 anggota parlemen dari Bersatu juga telah menyatakan dukungannya untuk Muhyiddin.
 
Bersatu mengeluarkan pernyataan yang menunjuk Muhyiddin sebagai kandidat PM Malaysia. Pernyataan Bersatu merupakan hasil dari pertemuan dengan PM interim Mahathir Mohamad di gedung Yayasan Al-Bukhary.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif