Warga Australia memakai masker di dekat Sydney Opera House di Sydney, 10 September 2021. (Saeed KHAN / AFP)
Warga Australia memakai masker di dekat Sydney Opera House di Sydney, 10 September 2021. (Saeed KHAN / AFP)

Kasus Covid-19 di Australia Lampaui 1 Juta, Separuhnya Tercapai dalam Sepekan

Marcheilla Ariesta • 10 Januari 2022 16:07
Canberra: Total kasus Covid-19 di Australia telah melampaui satu juta sejak awal pandemi, dengan lebih dari separuhnya tercatat dalam sepekan terakhir. Lonjakan ekstrem ini dipicu kemunculan Omicron, yang telah menjadi varian paling dominan di Negeri Kanguru.
 
Varian Omicron telah menyebar ke hampir seluruh wilayah di Australia, yang memicu kenaikan angka rawat inap dan membebani rantai pasokan.
 
Dilansir dari AFP, Senin, 10 Januari, Australia merupakan satu dari sedikit negara yang berhasil meredam penyebaran Covid-19 melalui penguncian (lockdown) agresif dan kontrol perbatasan ketat di awal pandemi. Namun memasuki 2022, Australia seolah terkena hantaman hebat Omicron.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


New South Wales (NSW) dan Victoria mencatat sekitar 55.000 kasus baru Covid-19 pada Senin ini. Dengan demikian, total infeksi Covid-19 di Australia menyentuh 1,03 juta sejak kasus pertama tercatat hampir dua tahun lalu.
 
Negara bagian dan teritori lain di Australia akan melaporkan jumlah kasus Covid-19 mereka dalam waktu dekat.
 
Sebanyak 2.387 kematian terkait Covid-19 telah tercatat di Australia sejauh ini. Secara keseluruhan, angka kematian terkait Omicron di Australia masih lebih rendah dibanding varian lainnya. Lonjakan kasus Omicron di Australia ini terjadi di saat 92 persen warga berusia 16 tahun ke atas telah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua dan juga booster.
 
Mulai Senin ini, vaksin Covid-19 Pfizer akan ditawarkan kepada 2,3 juta anak berusia lima hingga 11 tahun. Langkah ini dilakukan di tengah laporan terjadinya kekurangan vaksin, yang kemudian dibantah otoritas Australia.
 
"Pasokan vaksin sudah cukup, begitu juga dengan titik distribusinya. Kondisi saat ini hanya memerlukan sedikit kesabaran," kata kepala satuan tugas vaksinasi Australia, Letnan Jenderal John Frewen.
 
Baca:  Dampak Omicron Ringan, Australia Akan Lanjutkan Pembukaan Ekonomi

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif