Korban meninggal dalam perayaan Halloween di Korea Selatan 29 Oktober 2022. Foto: AFP
Korban meninggal dalam perayaan Halloween di Korea Selatan 29 Oktober 2022. Foto: AFP

Tragis! 59 Orang Tewas Terinjak-injak dalam Perayaan Halloween di Korea Selatan

Fajar Nugraha • 30 Oktober 2022 01:22
Seoul: Setidaknya 59 orang tewas dan 150 lainnya terluka setelah terhimpit dan terinjak-injak dalam sebuah perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan (Korsel). Kejadian mengerikan ini berlangsung pada Sabtu 29 Oktober 2022 malam waktu setempat.
 
Choi Seong-beom, kepala pemadam kebakaran wilayah Yongsan, Seoul mengatakan, jumlah korban tewas bisa bertambah karena pekerja darurat terus mengangkut korban luka ke rumah sakit di seluruh Seoul.
 
“13 dari korban tewas telah dikirim ke rumah sakit, sementara 46 jenazah lainnya masih berada di jalanan,” ujar Choi, seperti dikutip AFP, Minggu 30 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara rekaman dari tempat kejadian menunjukkan orang-orang memberikan CPR (pernapasan buatan) kepada korban yang tergeletak tak bergerak di trotoar.
 
Tragis! 59 Orang Tewas Terinjak-injak dalam Perayaan Halloween di Korea Selatan
Korban selamat dalam insiden perayaan Halloween di Korsel. Foto: AFP
 
Para korban terhimpit oleh kerumunan besar yang mendorong maju di jalan sempit selama perayaan Halloween di dekat Hotel Hamilton di daerah Itaewon.
 
Rekaman di media sosial menunjukkan banyak korban tergeletak di trotoar saat para pengamat dan petugas layanan darurat melakukan CPR dalam upaya untuk menyelamatkan mereka.
 
Choi menambahkan, lebih dari 400 pekerja darurat dari seluruh negeri telah dikerahkan ke tempat kejadian, termasuk hampir semua yang tersedia di Seoul.
 
Wali Kota Seoul Oh Se-hoon sedang mengunjungi Eropa tetapi memutuskan untuk kembali ke rumah setelah berita tersebut.
 
Adapun Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol memimpin pertemuan darurat setelah penyerbuan tersebut.
 
Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejabat harus memastikan perawatan cepat bagi mereka yang terluka dan bahwa keamanan tempat perayaan harus ditinjau.
 
Media lokal mengatakan sekitar 100.000 orang menuju ke Itaewon untuk perayaan Halloween, yang terbesar dalam beberapa tahun setelah pelonggaran pembatasan covid-19 dalam beberapa bulan terakhir.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif