Korea Selatan hadapi gelombang kedua covid-19. Foto: AFP.
Korea Selatan hadapi gelombang kedua covid-19. Foto: AFP.

705 Orang di Korsel Alami Infeksi Covid-19 Berulang

Internasional korea selatan
Marcheilla Ariesta • 21 September 2020 21:03
Seoul: Seorang perempuan Seoul berusia 20-an dinyatakan positif mengidap virus korona (covid-19) untuk kedua kalinya pada April lalu. Padahal ia baru pulih sepekan sebelumnya kala itu.
 
Kepala Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Dr Jung Eun-kyeong mengatakan perempuan muda itu didiagnosis untuk kedua kalinya hanya dalam waktu enam hari sejak dua tes RT-PCR berturut-turut menunjukkan bahwa dia negatif.
 
"Penelitian atas kasus ini belum selesai untuk menyimpulkan bahwa ini dianggap sebagai infeksi ulang," katanya dilansir dari Straits Times, Senin, 21 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Kepala Badan Pengontrol Penyakit Nasional, Kwon Jun-wook, mengatakan dalam penjelasannya bahwa kasus itu diduga sebagai infeksi berturut-turut dengan berbagai jenis virus.
 
Sejauh ini, sudah ada 705 kejadian terdokumentasi dari 'positif kedua' sejak Februari.
 
Komite klinis untuk penyakit menular yang muncul di National Medical Center mengumumkan dalam konferensi pers pada April lalu, kasus kedua merupakan tes yang menanggapi 'fragmen tidak aktif dari virus yang mati'.
 
"Tindak lanjut dari dekat mantan pasien yang mengalami gejala mungkin diperlukan untuk menentukan apakah ada pasien yang telah terinfeksi ulang dengan virus korona," imbuh pakar penyakit infeksi Dr Kim Woo-joo.
 
Ia menambahkan, jika kemungkinan terjadi infeksi ulang, ini berarti covid-19 mungkin telah menjadi endemik seperti halnya influenza.
 
"Tapi kabar baiknya adalah sejauh ini, virus korona baru tampaknya bermutasi lebih lambat daripada influenza," tutur dia.
 
Sementara itu, proporsi infeksi yang tidak dapat dilacak di antara mereka yang baru dikonfirmasi terus mencatat rekor baru. Otoritas kesehatan mengatakan akan ada pembatasan jarak fisik khusus yang akan diberlakukan untuk liburan Chuseok yang akan datang.
 
Korea mengonfirmasi ada sekitar 70 kasus tambahan dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, total infeksi covid-19 di Korsel menjadi 23.045 kasus.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif