PM Jepang Fumio Kishida (kanan) saat bersama Presiden AS Joe Biden di Tokyo, 23 Mei 2022. (Nicolas Datiche / POOL / AFP)
PM Jepang Fumio Kishida (kanan) saat bersama Presiden AS Joe Biden di Tokyo, 23 Mei 2022. (Nicolas Datiche / POOL / AFP)

Kishida: Biden Dukung Jepang Jadi Anggota Tetap DK PBB

Marcheilla Ariesta • 23 Mei 2022 16:03
Tokyo: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengindikasikan dukungannya kepada Jepang untuk menjadi anggota tetap Dewan Keamanan (DK) PBB. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyampaikannya dalam konferensi pers terbaru di Tokyo, Senin, 23 Mei 2022.
 
Kishida merinci kebutuhan untuk mereformasi dan memperkuat PBB, termasuk dewan keamanan - badan yang bertanggung jawab untuk perdamaian dan stabilitas masyarakat internasional'. Ia mengatakan, Biden mendukung reformasi semacam itu.
 
"Presiden (Biden) menyatakan bahwa Amerika Serikat akan mendukung Jepang menjadi anggota tetap dewan keamanan yang direformasi," kata Fumio Kishida, dilansir dari The Hill.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Joe Biden Bertemu Kaisar Jepang Naruhito
 
Dewan Keamanan PBB membawa pengaruh signifikan dalam badan global. DK PBB dapat menyetujui anggota baru dan perubahan pada piagam PBB.
 
DK PBB juga dapat menyetujui misi penjaga perdamaian, aksi militer, dan penjatuhan sanksi.
 
Saat ini, DK PBB memiliki lima anggota tetap, yakni Tiongkok, Prancis, Rusia, Inggris dan AS. Salah satu aturan di DK PBB adalah, setiap anggota tetap dapat memveto adopsi resolusi apa pun.
 
Hak veto ini dinilai telah sering memicu perselisihan di antara para anggota PBB.
 
Menambah Jepang ke DK PBB akan memberikan kesempatan bagi negara lain di kawasan Indo-Pasifik. Ini dinilai dapat menjadi penyeimbang Tiongkok.
 
Terlebih, banyak pejabat internasional menyuarakan keprihatinan mereka mengenai pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Tiongkok di Xinjiang serta sikapnya terhadap Taiwan.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif