Petugas keamanan di sebuah hotel di Melbourne, Australia: Foto: AFP
Petugas keamanan di sebuah hotel di Melbourne, Australia: Foto: AFP

Kasus Baru Covid-19 Meningkat, Melbourne Tetap Akan Cabut Lockdown

Internasional Australia covid-19 pandemi covid-19 Melbourne Cabut Lockdown
Medcom • 14 Oktober 2021 21:31
Melbourne: Perdana Menteri wilayah Victoria, Australia Daniel Andrews mengatakan, Melbourne akan keluar dari penerapan lockdown covid-19 pada pekan depan. Keputusan yang disampaikan pada Kamis, 14 Oktober 2021 ini disebut akan berjalan bersamaan dengan percepatan program vaksinasi. 
 
Dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 14 Oktober 2021, negara bagian Victoria mencatat, terdapat  2.297 kasus baru positif covid-19 per Kamis. Angkanya meningkat dari 1.571 kasus pada hari sebelumnya.  
 
Bahkan, jumlah ini menjadi yang tertinggi bagi negara bagian atau teritori Australia mana pun sejak pandemi dimulai. Sebanyak 11 orang meninggal dunia, sehingga total korban dalam wabah terbaru menjadi 125 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, lonjakan tersebut terjadi saat Victoria juga mendekati ambang 70 persen untuk vaksinasi dosis ganda di antara orang dewasa yang memenuhi syarat. Tingkat di mana pihak berwenang telah berjanji untuk mengakhiri pembatasan tinggal di rumah yang ketat. 
 
Awalnya, target tersebut diharapkan terpenuhi pada 26 Oktober lalu, dan tingkat vaksinasi covid-19 dilaporkan mencapai angka 62 persen pada Kamis, 14 Oktober 2021.
 
“Kami akan memberikan peta jalan (pembukaan kembali) anda mendapatkan vaksinasi dan kami akan membuka (lockdown), saya melakukan apa yang saya katakan,” kata Andrews dalam konferensi pers di Melbourne.
 
Sebagian besar kasus baru dilaporkan tengah terdeteksi di Melbourne. Namun, jam malam di wilayah yang merupakan ibu kota negara bagian Victoria ini juga akan dicabut. Sementara,  bisnis dapat dibuka kembali dengan aturan jarak sosial yang ketat.
 
Selain itu, sejumlah pengetatan akan dilonggarkan saat tingkat vaksinasi telah mencapai 80 hingga 90 persen. Sedangkan Sydney, kota pertama yang terdeteksi varian delta pada pertengahan Juni lalu disebut tengah melanjutkan tren penurunan kasus.
 
Kasus positif di New South Wales (NSW) berkurang secara signifikan menjadi 406 kasus pada Kamis, 14 Oktober 2021. Negara bagian ini diketahui sempat menjadi yang tertinggi hingga 1.599 kasus pada awal September lalu.
 
Sydney telah keluar dari penerapan lockdown sejak Senin, 11 Oktober 2021, setelah warganya lebih dari 100 hari terperangkap di rumah. Sebelumnya, Sydney dan Melbourne disebut telah berencana untuk memulai hidup dengan pandemi covid-19. (Nadia Ayu Soraya)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif