Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)

Gempa Bumi Magnitudo 7,6 Guncang Papua Nugini, Tidak Ada Ancaman Tsunami

Willy Haryono • 11 September 2022 09:34
Port Moresby: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,6 mengguncang Papua Nugini pada Minggu pagi, 11 September 2022. Guncangan terjadi satu hari usai rentetan gempa melanda kawasan.
 
Dikutip dari laman Hindustan Times, gempa bumi di Papua Nugini mengguncang kota Kainantu di wilayah timur sekitar pukul 06.46 waktu setempat.
 
Episentrum gempa berada sekitar 67 kilometer dari Kainantu, dengan kedalaman mencapai 61,4 km. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan Atmosfer dan Kelautan Nasional telah mencabut ancaman peringatan tsunami dari area guncangan gempa di Papua Nugini. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa atau luka maupun kerusakan bangunan.
 
Papua Nugini terletak di Cincin Api atau "Ring of Fire," sebuah area di Samudra Pasifik yang rentan terhadap gempa bumi dan erupsi gunung berapi.
 
Sejak 1990, Papua Nugini mencatat 22 gempa berkekuatan magnitudo 7,5 ke atas. Gempa terkuat di kawasan tersebut adalah magnitudo 8,2, yang terjadi di Papua dengan jumlah korban jiwa mencapai 166 di tahun 1996.
 
Sabtu kemarin, rentetan gempa melanda Papua. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya empat gempa berkekuatan antara magnitudo 6,2 dan 5,5, berlokasi sekitar 37 km dari Mamberano dengan kedalaman 16 km.
 
Baca:  Mamberamo Raya Diguncang Gempa 4 Kali dalam Sejam
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif