Astronot Tiongkok yang berada di Stasiun Luar Angkasa Tiangong. Foto: AFP
Astronot Tiongkok yang berada di Stasiun Luar Angkasa Tiangong. Foto: AFP

Astronot Tiongkok Berhasil Berjalan di Luar Angkasa Selama 6 Jam

Fajar Nugraha • 02 September 2022 18:10
Beijing: Dua astronot di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Tiongkok berhasil menyelesaikan perjalanan luar angkasa enam jam pada Jumat 2 September 2022. Ini dipaparkan oleh Badan Antariksa Berawak Tiongkok (CMSA).
 
Astronot Chen Dong dan Liu Yang kembali ke modul kabin mereka pada dini hari Jumat. CMSA menyatakan perjalanan luang angkasa pertama dari misi enam bulan Shenzhou-14 sebagai "sukses total".
 
Program luar angkasa Tiongkok yang sangat dipromosikan telah membuat negara itu mendaratkan penjelajah di Mars dan mengirim wahana ke Bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gambar media pemerintah menunjukkan pasangan itu membuka palka modul dan menggunakan lengan robot untuk bermanuver dengan bumi yang berputar di latar belakang.
 
"Halo, semuanya. Saya keluar dari modul. Saya merasa baik," kata Chen, mantan pilot militer, dalam sebuah video, seperti dikutip AFP.
 
“Pasangan itu menyelesaikan serangkaian tugas termasuk memasang bagian eksternal ke modul dan menguji fungsinya. Sementara astronot Cai Xuzhe yang tersisa berkoordinasi dari dalam kabin,” kantor berita resmi Xinhua melaporkan.
 
Tiongkok meluncurkan pesawat ruang angkasa Shenzhou-14 pada 5 Juni, mengirim tiga astronot untuk menyelesaikan pembangunan Tiangong.
 
Stasiun luar angkasa, yang namanya berarti "istana surgawi", diharapkan akan beroperasi penuh pada akhir tahun.
 
Chen, Liu dan Cai adalah kru kedua yang menghabiskan enam bulan di atas Tiangong setelah yang terakhir kembali ke bumi pada bulan April setelah 183 hari di stasiun luar angkasa.
 
Modul inti Tiangong memasuki orbit awal tahun lalu dan diharapkan beroperasi setidaknya selama satu dekade.
 
Stasiun yang telah selesai akan mirip dengan stasiun Soviet Mir yang mengorbit Bumi dari 1980-an hingga 2001.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif