Banyak sungai di Pakistan meluap akibat guyuran hujan intens sejak Juni 2022. (AFP PHOTO/Asif Hassan/Abdul Majeed)
Banyak sungai di Pakistan meluap akibat guyuran hujan intens sejak Juni 2022. (AFP PHOTO/Asif Hassan/Abdul Majeed)

Tragis! Korban Tewas Banjir Pakistan Lampaui 1.000

Willy Haryono • 28 Agustus 2022 14:17
Islamabad: Lebih dari 1.000 orang meninggal dunia dalam bencana banjir yang melanda Pakistan sejak Juni lalu. Menurut data Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan (NDMA) pada Minggu, 28 Agustus 2022, sebanyak 119 orang tewas akibat banjir dalam 24 jam terakhir, yang menjadikan total kematian mencapai 1.033.
 
Otoritas Pakistan mengatakan bahwa banjir akibat guyuran hujan deras ini telah berdampak kepada lebih dari 33 juta orang, atau 1 dari 7 warga. Banjir telah menghancurkan atau merusak hampir satu juta rumah.
 
Baca:  Jumlah Korban Tewas Banjir Pakistan Dekati 1.000

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


NDMA mengatakan lebih dari 800.000 hektare lahan yang ditanami tanaman pangan telah hancur diterjang banjir. Tidak hanya itu, terjangan banjir juga telah menghancurkan ruas jalan sepanjang 3.451 kilometer dan menyapu bersih 149 jembatan.
 
Dilansir dari Gandhara, Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif telah menyerukan komunitas internasional untuk membantu negaranya mengatasi dampak banjir.
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Asim Iftikhar mengatakan pada Sabtu kemarin bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sepakat menyerukan penggalangan dana hingga USD160 juta untuk membantu Pakistan.
 
Seruan penggalangan dana ini akan diluncurkan pada 30 Agustus mendatang.
 
Musim hujan di Pakistan datang lebih awal dari biasanya tahun ini, dan juga lebih intens dari sebelum-sebelumnya. Hujan yang terus turun menyulitkan upaya petugas dalam menyelamatkan para korban.
 
Status darurat bencana di Pakistan telah dideklarasikan pada 26 Agustus mendatang untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif