Kapten kapal, Komandan Annick Fortin (tengah) memimpin HMCS Winnipeg mengikuti Operasi PROJECTION di Indo-Pasifik./Medcom.id-Marcheilla
Kapten kapal, Komandan Annick Fortin (tengah) memimpin HMCS Winnipeg mengikuti Operasi PROJECTION di Indo-Pasifik./Medcom.id-Marcheilla

Kanada Sejak Lama Proyeksikan Kerja Sama Pertahanan di Kawasan Indo-Pasifik

Marcheilla Ariesta • 02 September 2022 14:28
Jakarta: Operasi PROJECTION Kanada menunjukkan komitmen Negeri Maple tersebut terhadap perdamaian dunia. Kali ini, salah satu kawasan yang masuk dalam operasi tersebut adalah Indo-Pasifik.
 
Kapten HMCS Winnipeg Komandan Annick Fortin mengatakan, Indo-Pasifik sudah berada dalam proyeksi pertahanan Kanada selama bertahun-tahun. Indonesia menjadi negara pertama yang didatangi dalam Operasi PROJECTION ini. 
 
"Kami bekerja sama dengan mitra kami yang cakap di sini untuk menjaga pemeliharaan, perdamaian dan stabilitas di kawasan ini," kata dia di JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta, Jumat, 2 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atase Pertahanan Kedutaan Besar Kanada di Indonesia, Kolonel Steward Taylor mengatakan, negaranya sangat membanggakan program kerja sama pelatihan militer yang telah berlangsung di Indonesia sejak 2008.
 
Sejak saat itu, sambung dia, Indonesia dan Kanada telah memiliki sekitar 550 anggota dari TNI yang bergabung dalam pelatihan militer ini. Pelatihan ini berfokus pada pelatihan bahasa, pengembangan profesional, dan pemeliharaan perdamaian.
 
Baca juga: Bawa 8 Rudal, Kapal Perang Kanada HMCS Winnipeg Bersandar di Jakarta
 
"Jadi ini hanyalah ekspresi dari komitmen kami untuk hadir dan bekerja sama dengan mitra," sambungnya.
 
Selama pandemi, program pelatihan seperti ini dilakukan secara virtual. Hal ini tentu saja menjadi kendala besar. "Tapi kami mampu mempertahankan itu (kerja sama erat)," ucap Taylor.
 
"Indonesia saat ini menjalin hubungan kebijakan pertahanan reguler, sehingga kami benar-benar dapat mengidentifikasi bidang yang menjadi kepentingan bersama untuk kolaborasi di masa depan," tutur dia.
 
HMCS Winnipeg sebelumnya mengikutip kerja sama Pacific Rim (RIMPAC), kemudian melanjutkan ke Operasi PROJECTION. Kunjungan ke Indonesia merupakan yang pertama dalam operasi ini.
 
Kunjungan pertama kami adalah Jakarta, Indonesia. Kemudian kami akan melanjutkan ke Singapura, Malaysia, Kamboja dan baru-baru ini kami mendapat keputusan akan ke Thailand dan Jepang," seru Fortin.
 
"Kami akan berkontribusi pada upaya latihan berbeda dengan angkatan laut selama berada di Indo-Pasifik," pungkasnya.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif