Kuil Yasukuni di Tokyo, Jepang. (Foto: AFP)
Kuil Yasukuni di Tokyo, Jepang. (Foto: AFP)

Jepang Tandai 75 Tahun Berakhirnya Perang Dunia II

Internasional perang dunia ii
Willy Haryono • 15 Agustus 2020 10:02
Tokyo: Jepang menandai 75 tahun sejak berakhirnya Perang Dunia II. Kemenangan pasukan Sekutu atas Jepang mengakhiri PD II, empat bulan usai peperangan berakhir di wilayah Eropa.
 
Diestimasi 71 ribu prajurit Inggris dan Persemakmuran tewas dalam perang melawan Jepang, termasuk lebih dari 12 ribu tahanan perang. Lebih dari 2,5 juta personel militer dan warga sipil Jepang diyakini tewas selama berlangsungnya PD II
 
Berakhirnya PD II diperingati di sejumlah negara dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari BBC, Sabtu 15 Agustus 2020, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengirimkan persembahan ke kuil perang kontroversial Yasukuni di Tokyo dalam memperingati berakhirnya PD II. Seperti beberapa tahun sebelumnya, PM Abe tidak datang langsung ke kuil tersebut.
 
Namun dua menterinya mendatangi Kuil Yasukuni, yang dipastikan akan membuat Tiongkok dan Korea Selatan geram. Sebanyak 14 tokoh yang dinyatakan pasukan Sekutu sebagai penjahat perang dianggap sebagai pahlawan di Yasukuni, kuil yang dipandang Tiongkok dan Korsel sebagai simbol agresi Jepang.
 
Pada 15 Agustus 1945, Kaisar Jepang Hirohito mengumumkan kepada seluruh negeri bahwa perang sudah berakhir. Menyerahnya Jepang di hadapan Sekutu ditandatangani secara resmi pada 2 September di tahun yang sama.
 
PD II di wilayah Eropa berakhir pada 8 Mei setelah menyerahnya Jerman. Namun, perang berlangsung di kawasan Asia-Pasifik selama berbulan-bulan.
 
Jepang menyerah usai Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus. Lebih dari 200 ribu orang diyakini tewas dalam dua pengeboman tersebut.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif