Pasukan AS berpatroli di Qayyarah, Irak. (Foto: AFP)
Pasukan AS berpatroli di Qayyarah, Irak. (Foto: AFP)

Koalisi AS Hancurkan Tiga Kamp ISIS di Irak

Internasional konflik irak isis
Willy Haryono • 21 Juni 2020 18:04
Baghdad: Koalisi militer pimpinan Amerika Serikat di Irak telah berhasil menghancurkan tiga kamp milik kelompok militan Islamic State (ISIS). Pernyataan disampaikan Gugus Tugas Gabungan Operasi Inherent Resolve (CJTF-OIR).
 
"Lewat koordinasi dengan Pemerintah Irak, pesawat koalisi berhasil menghancurkan tiga kamp ISIS di Wadi al-Shai, Irak, pada 19 Juni," sebut koalisi AS dalam sebuah pernyataan tertulis, seperti dilansir dari laman Sputnik, Minggu 21 Juni 2020.
 
Juru bicara CJTF-OIR Kolonel Myles B. Caggins III mengatakan bahwa serangan udara tersebut merupakan bagian dari misi koalisi AS dalam menjaga keamanan di Irak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menghancurkan persembunyian ISIS berdampak pada terjaganya keamanan di sejumlah kota dan desa. Tiap-tiap serangan udara dilakukan atas permintaan Pemerintah Irak, dalam upaya mengalahkan Daesh secara permanen," ucap Caggins, menggunakan akronim lain dari ISIS.
 
Sementara itu pada Kamis kemarin, Kepala Komando Pusat Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan bahwa sebagian masyarakat Irak tidak menginginkan adanya penarikan pasukan AS.
 
Perdebatan mengenai kehadiran pasukan asing di Irak meningkat usai serangan pesawat tanpa awak (drone) AS di dekat Bandara Internasional Baghdad pada Januari lalu menewaskan Abu Mahdi al-Muhandis, seorang wakil komandan grup milisi Syiah Irak.
 
Usai terjadinya serangan udara saat itu, parlemen Irak mengadopsi sebuah resolusi yang mendorong dilakukannya penarikan semua pasukan asing.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif