Australia terapkan lockdown untuk atasi virus korona. Foto: AFP
Australia terapkan lockdown untuk atasi virus korona. Foto: AFP

Australia Larang Masuk 177 Negara Termasuk Indonesia

Internasional Virus Korona australia virus corona gejala virus corona,
Arpan Rahman • 26 Maret 2020 10:44
Jakarta: Krisis virus korona covid-19 disikapi Pemerintah Australia dengan larangan perjalanan mencakup 177 negara, termasuk Indonesia. Larangan ini berlaku efektif sejak Rabu 25 Maret 2020.
 
Pengumuman tersebut diterbitkan melalui situs Smartraveller yang disediakan oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia. Selanjutnya diedarkan kepada seluruh warga Negeri Kanguru.
 
"Penerbangan rute Indonesia-Australia segera ditutup. Jangan mengambil risiko tidak dapat melanjutkan perjalanan. Warga Australia yang ingin kembali ke Australia harus berangkat sekarang," kata Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan, dikutip Medcom.id dari laman media sosial resmi Kedubes Australia Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seluruh 177 negara, dari Albania, Mozambik, Uni Emirat Arab, hingga Yaman terdaftar dalam larangan ini.
 
"Kami sekarang menyarankan semua warga Australia: jangan bepergian ke luar negeri saat ini. Ini adalah level saran tertinggi kami (level 4 dari 4)," kata pihak Kemenlu Australia.
 
Jika warga sudah di luar negeri dan ingin kembali ke Australia, pemerintahnya menyarankan agar melakukan sesegera mungkin dengan cara komersial.
 
"Terlepas dari tujuan, usia, atau kesehatan Anda, saran kami adalah jangan bepergian saat ini," tambahnya.
 
Karena semakin banyak negara menutup perbatasan mereka atau memperkenalkan pembatasan perjalanan, perjalanan ke luar negeri menjadi lebih kompleks dan sulit.
 
"Anda mungkin tidak dapat kembali ke Australia ketika Anda telah merencanakannya. Pertimbangkan apakah Anda memiliki akses ke perawatan kesehatan dan sistem pendukung jika Anda sakit saat di luar negeri. Jika Anda memutuskan untuk kembali ke Australia, lakukan sesegera mungkin. Opsi komersial mungkin menjadi kurang tersedia," lanjutnya.
 
Pihak Kemenlu Australia menyarankan, "Jika Anda berada di luar negeri dan tidak bisa, atau tidak mau, kembali ke Australia, ikuti saran dari otoritas setempat. Berhati-hatilah untuk meminimalkan risiko terpajan virus corona termasuk dengan mengisolasi diri. Jika Anda memilih untuk menetap, perhatikan kemampuan kami untuk memberikan bantuan konsuler di beberapa tempat mungkin terbatas karena pembatasan pergerakan dan layanan lainnya."
 
"Jika Anda memutuskan untuk kembali ke Australia, Anda sekarang akan diminta untuk mengkarantina selama 14 hari. Ini berlaku untuk semua pelancong, termasuk warga negara Australia. Untuk detailnya silahkan lihat situs web Australian Border Force," bubuhnya.
 
Warga diharapkan menghubungi maskapai penerbangan, agen perjalanan atau perusahaan asuransi untuk membahas rencana dan opsi perjalanan mereka untuk membatalkan atau menunda pemesanan saat ini, atau untuk mengatur penerbangan komersial kembali ke Australia.
 
Semua kapal pesiar yang berlayar dari pelabuhan asing telah dilarang memasuki pelabuhan Australia selama 30 hari.
 
Semua saran di atas juga telah diberikan kepada staf Pemerintah Australia, yang telah diinstruksikan untuk menggunakan konferensi video dan teknologi komunikasi lainnya sebanyak mungkin.
 
Menteri Luar Negeri Australia memutuskan pada 17 Maret telah menawarkan keberangkatan sukarela secara global untuk semua tanggungan staf di pos-pos luar negeri Australia, staf berisiko tinggi karena kondisi kesehatan yang mendasarinya dan staf yang dianggap tidak penting oleh para kepala misi untuk operasi yang sedang berlangsung.
 
Warga Australia untuk bantuan konsuler yang mendesak, boleh menghubungi: +61 2 6261 3305 dari luar negeri, dan 1300 555 135 dari dalam Australia. Untuk panggilan bantuan konsuler yang mendesak +61 2 6261 3305 dari luar negeri dan 1300 555 135 dari dalam Australia.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif