Seorang pria menggunakan payung di tengah guyuran hujan deras di Seoul, Korsel, 13 Juli 2022. (Anthony WALLACE / AFP)
Seorang pria menggunakan payung di tengah guyuran hujan deras di Seoul, Korsel, 13 Juli 2022. (Anthony WALLACE / AFP)

Topan Hinnamnor Semakin Mendekat, Korsel Tingkatkan Level Waspada

Willy Haryono • 05 September 2022 08:07
Seoul: Korea Selatan (Korsel) mengeluarkan peringatan cuaca dan meningkatkan level kewaspadaan seiring semakin mendekatnya Topan Hinnamnor pada Senin, 5 September 2022. Hujan deras dan angin kencang telah melanda beberapa wilayah selatan Korsel menjelang kedatangan Hinnamnor.
 
Topan Hinnamnor, bergerak ke arah barat dengan kecepatan 19 kilometer per jam, diperkirakan mendarat sekitar 90 km dari kota Busan pada Selasa dini hari. Sebelum itu, Hinnamnor diprediksi mencapai lepas pantai Pulau Jeju sekitar Senin malam.
 
"Angin dan guyuran hujan dengan intensitas sangat tinggi diperkirakan melanda seantero negeri hingga Selasa besok akibat topan (Hinnamnor)," ucap Badan Meteorologi Korea (KMA), seperti dikutip dari The Straits Times.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akan ada beberapa tempat di mana gelombang tinggi, badai dan tsunami melanda area-area pesisir," sambungnya.
 
Peringatan terjangan topan telah dirilis untuk beberapa kota di wilayah selatan, termasuk Gwangju, Busan, Daegu dan Ulsan. Di Pulau Jeju, otoritas setempat meningkatkan peringatannya ke level tertinggi -- pertama dalam lima tahun terakhir.
 
Kota-kota di pelabuhan Korsel telah diguyur hujan deras sepanjang akhir pekan kemarin. Hujan diperkirakan masih akan melanda pada Senin hingga Selasa besok.
 
Hari Minggu kemarin, Presiden Korsel Yoon Suk-yeol telah menggelar pertemuan dengan sejumlah otoritas untuk mengkaji sistem respons bencana. Ia berjanji akan berusaha meminimalisasi dampak kerusakan dari terjangan topan.
 
Media lokal melaporkan bahwa tiga perusahaan pembuat kapal di Korsel -- Korea Shipbuilding & Offshore Engineering, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Samsung Heavy Industries -- akan menghentikan operasi pada Selasa besok.
 
Tempat usaha lain seperti pabrik besi Posco juga akan menghentikan operasi. Sementara sejumlah maskapai besar seperti Korean Air Lines dan Asiana Airlines dilaporkan membatalkan sejumlah penerbangannya setelah pukul 13.00 waktu setempat Senin ini.
 
Baca: Topan Maysak Hantam Wilayah Semenanjung Korea
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif