Presiden AS Joe Biden saat memberikan keterangan pers di Bali.Foto: AFP
Presiden AS Joe Biden saat memberikan keterangan pers di Bali.Foto: AFP

Biden: Tiongkok Punya Kewajiban Tegur Korut Terkait Uji Coba Nuklir

Marcheilla Ariesta • 15 November 2022 05:10
Bali: Nuklir Korea Utara (Korut) cukup menakutkan banyak pihak. Membahayakan, sudah pasti, namun di sisi lain nuklir juga membawa ketidakstabilan di kawasan.
 
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yakin jika Tiongkok dapat mengendalikan Korea Utara. Hal ini disampaikan setelah pertemuannya dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping di sela KTT G20 di Bali, Senin, 14 November 2022.
 
"Saya menjelaskan kepada Presiden Xi Jinping bahwa menurut saya mereka memiliki kewajiban untuk menjelaskan kepada Korea Utara bahwa mereka tidak boleh terlibat dalam uji coba nuklir jarak jauh," kata Biden dalam jumpa pers singkatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, jika Korut melakukannya, berarti AS harus mengambil tindakan tertentu yang akan lebih defensif. "Dan atas nama itu, kita akan mengarahkannya ke Korut," ujarnya.
 
Meski demikian, Biden menegaskan, tindakan defensif bukan diarahkan melawan Tiongkok. "Hanya saja kami mengirim mereka pesan yang jelas ke Korea Utara, bahwa kami akan mempertahankan sekutu serta tanah kami, Amerika Serikat," seru Biden.
 
Ia menegaskan, tidak sulit untuk menentukan apakah Beijing memiliki kapastitas atau tidak. Namun, ia yakin jika Negeri Tirai Bambu tidak ingin Korut terlibat dalam eskalasi lebih lanjut.
 
"Kami telah mengumpulkan tim di mana penasihat keamanan nasional kami, Menteri Pertahanan dan yang lainnya akan terlibat dengan rekan-rekan mereka di Tiongkok untuk melihat. Dan karena hal ini, saya tidak percaya ada kebutuhan untuk khawatir (dengan nuklir Korut)," pungkasnya.
 
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif