Korea Selatan akan mencabut mandat masker di luar ruangan. Foto: AFP
Korea Selatan akan mencabut mandat masker di luar ruangan. Foto: AFP

Korsel Cabut Mandat Masker di Luar Ruangan Jelang Pelantikan Presiden Baru

Internasional Virus Korona korea selatan covid-19 masker kesehatan Pelonggaran Pembatasan Covid-19
Marcheilla Ariesta • 29 April 2022 13:19
Seoul: Korea Selatan (Korsel) akan mencabut mandat wajib masker di luar ruangan. Mandat ini akan berlaku mulai pekan depan.
 
Keputusan ini sebagai langkah terbaru pemerintah melonggarkan pembatasan covid-19. Namun, ada tentangan dari pemerintah yang akan datang terkait dengan keputusan tersebut yang dianggap 'prematur'.
 
Perdana Menteri Kim Boo-kyum mengatakan, keputusan dibuat karena pemerintah tidak bisa berpaling dari ketidaknyamanan warga saat situasi wabah virus korona di Negeri Ginseng itu stabil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, warga masih diharuskan memakai masker di berbagai kegiatan dengan lebih dari 50 orang, seperti kampanye, konser, atau di stadion olahraga.
 
Korea Selatan melaporkan 50.568 kasus covid-19 pada hari ini, Jumat, 29 April 2022. Angka tersebut turun jauh dari puncaknya pada pertengahan Maret lalu, yakni mencapai 620 ribu kasus.
 
Keputusan itu datang hanya beberapa hari menjelang pelantikan Presiden Yoon Suk-yeol yang baru terpilih, pada 10 Mei mendatang.
 
"Tim transisi setuju dengan mendorong pencabutan mandat memakai masker sebagai bagian dari upaya untuk kembali ke kehidupan normal. Tetapi kami telah menekankan berkali-kali bahwa menghapus mandat masker luar ruangan pada saat ini akan menjadi prematur," juru bicara tim Yoon, Hong Kyung-hee dikutip dari KBS.
 
Ahn Cheol-soo, kepala tim transisi Yoon mengatakan, pemerintah baru akan mempertimbangkan untuk pergi bebas masker di luar ruangan sekitar akhir Mei.
 
Korea Selatan telah membatalkan sebagian besar tindakan pencegahan terkait pandemi, termasuk jam malam di restoran dan bisnis lainnya.
 
Negara ini sebagian besar telah berhasil membatasi kematian dan kasus kritis melalui vaksinasi yang meluas. Mereka jugamengurangi upaya penelusuran dan penahanan agresif yang menjadikannya kisah sukses mitigasi dari sebagian besar dua tahun pertama pandemi.
 
Data Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea juga menyampaikan, hampir 87 persen dari 52 juta penduduk negara itu telah divaksinasi lengkap. Sementara itu, 65 persen diantaranya juga telah mendapatkan suntikan booster.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif