Ilustrasi gempa./Medcom.id
Ilustrasi gempa./Medcom.id

Gempa Bumi Magnitudo 6,7 Guncang Samoa

Medcom • 05 Desember 2022 08:49
Apia: Gempa bumi kuat telah melanda Samoa, dan orang-orang telah dievakuasi pedalaman sebagai tindakan pencegahan jika terjadi tsunami. 
 
Gempa terjadi pada pukul 08.24 waktu setempat, saat penduduk setempat sedang melakukan aktivitas seperti berangkat kerja dan sekolah. Awalnya tercatat dengan kekuatan magnitudo 6,9 oleh Badan Survei Geologi AS, tetapi kemudian diturunkan menjadi 6,7. Diketahui di kedalaman hanya berkisar 36 km, sedangkan awalnya tercatat di kedalaman 148 km.
 
Penasihat tsunami dikeluarkan oleh Layanan Meteorologi Samoa, kemudian dibatalkan sesaat sebelum pukul 10.00 pagi waktu setempat. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan berdasarkan data yang tersedia tidak ada ancaman tsunami langsung dari gempa ini. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penduduk setempat di media sosial melaporkan gempa itu sangat kuat. 
 
“Itu adalah gempa terkuat yang pernah saya rasakan di Samoa,” tulis seorang wanita di Facebook, dalam kutipan NZ Herald, Senin, 5 Desember 2022.
 
Sementara orang lain mengatakan itu terasa seperti gempa besar. Sedangkan surat kabar Samoa Observer mengatakan gedung-gedung berguncang dan penduduk setempat yang berangkat kerja dan sekolah pagi ini terkena dampaknya.
 
"Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan atau cedera," kata publikasi itu. 
 
Namun, ada laporan tentang orang-orang yang menuju ke pedalaman sebagai tindakan pencegahan terutama mereka yang tinggal di dekat laut. Penduduk setempat cenderung memperhatikan peringatan tsunami dengan sangat serius di Samoa, setelah gempa bumi tahun 2009 dan tsunami susulan yang mengakibatkan kematian 192 orang. 
 
Gempa terjadi sekitar 25 menit setelah gempa berkekuatan 5,5 di tenggara Vanuatu dan Kaledonia Baru. (Mustafidhotul Ummah)
 
Baca juga: Update Parameter Gempa Garut, BMKG: Magnitudo 6,1
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif