USS Port Royal saat berlabuh di Jakarta, pada 2007 silam. Foto: AFP
USS Port Royal saat berlabuh di Jakarta, pada 2007 silam. Foto: AFP

Militer Tiongkok Kesal Kapal Perang AS Kembali Berlayar di Selat Taiwan

Internasional Amerika Serikat Tiongkok taiwan militer as
Marcheilla Ariesta • 11 Mei 2022 17:14
Beijing: Militer Tiongkok memantau dan memperingatkan sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) yang berlayar melalui Selat Taiwan. Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan, USS Port Royal melakukan 'transit rutin' di Selat Taiwan.
 
"Transit rutin ini sesuai dengan hukum internasional," kata Armada ke-7 AL AS tersebut, dilansir dari Malay Mail, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Komando Wilayah Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukannya telah memantau kapal di seluruh dan 'memperingatkan' itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Amerika Serikat sering mementaskan drama semacam itu dan memprovokasi masalah, mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan kemerdekaan Taiwan, dan dengan sengaja meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan," tutur Komando Wilayah Timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok.
 
"Pasukan teater menjaga kewaspadaan tinggi setiap saat, dengan tegas melawan semua ancaman dan provokasi, dan dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial," sambung mereka.
 
Sementara itu, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, kapal AS berlayar ke utara melalui selat, dan situasi di jalur air itu seperti biasa.
 
Angkatan bersenjata Tiongkok melakukan putaran lain latihan di dekat Taiwan pekan lalu untuk meningkatkan operasi tempur bersama. Sementara itu, kapal perusak berpeluru kendali USS Sampson berlayar melalui Selat Taiwan pada 27 April, yang tentunya menerima kecaman dari Beijing.
 
Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan. Namun, mereka merupakan pendukung internasional dan pemasok senjata terpentingnya, menjadikannya sumber ketegangan yang konstan antara Beijing dan Washington.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif