Foto udara memperlihatkan salah satu sudut kota Kabul, Afghanistan. (Wakil KOHSAR / AFP)
Foto udara memperlihatkan salah satu sudut kota Kabul, Afghanistan. (Wakil KOHSAR / AFP)

Taliban Sambut Baik Perwakilan Diplomatik India di Kabul

Willy Haryono • 14 Agustus 2022 20:07
Kabul: Kementerian Luar Negeri Afghanistan bentukan kelompok Taliban menyambut baik perwakilan diplomatik India di Kabul. Taliban pun berjanji akan memastikan keamanan misi diplomatik India di ibu kota Afghanistan tersebut.
 
Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu kemarin, Taliban mengatakan bahwa kehadiran diplomatik India di Afghanistan dalam berujung pada diselesaikannya "proyek-proyek yang belum selesai" yang sebelumnya diinisiasi New Delhi.
 
"Afghanistan menyambut baik langkah-langkah India dalam meningkatkan representasi diplomatiknya di Kabul," ujar Taliban, dikutip dari The Week, Minggu, 14 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juni lalu, India mendirikan kembali kehadiran diplomatiknya di Kabul dengan mengirim sebuah "tim teknis" ke gedung kedutaan besar di ibu kota Afghanistan.
 
India sempat menarik semua diplomatnya dari kedubes di Kabul usai Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pada Agustus 2021. Penarikan staf didasarkan pada alasan keamanan.
 
Taliban berjanji bahwa India kini sudah tidak perlu lagi khawatir mengenai bidang keamanan di Afghanistan, terutama di kompleks diplomatik di Kabul.
 
"Pemerintah Afghanistan berharap meningkatnya representasi diplomatik ini dapat memperkuat hubungan Afghanistan-India dalam menyelesaikan proyek-proyek yang belum selesai," sebut Kemenlu Afghanistan.
 
Bulan lalu, pemimpin agung Taliban Hibatullah Akhundzada mengatakan bahwa pihak mana pun tidak boleh menggunakan tanah Afghanistan untuk melancarkan serangan ke negara-negara lain.
 
Baca:  Taliban Mengaku Tidak Tahu Pemimpin Al-Qaeda Sembunyi di Afghanistan
 
Meski mengirim kembali diplomatnya ke Kabul, India belum secara resmi mengakui pemerintahan Taliban. India, dan juga negara-negara lain di dunia, menyerukan Taliban untuk membentuk pemerintahan yang benar-benar inklusif di Afghanistan.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif