Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev. (Vyacheslav OSELEDKO / AFP)
Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev. (Vyacheslav OSELEDKO / AFP)

Jajaran Kabinet Pemerintahan Kazakhstan Mengundurkan Diri

Willy Haryono • 05 Januari 2022 11:47
Almaty: Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev menandatangani sebuah dekrit dalam menerima pengunduran diri jajaran kabinetnya. Pengunduran diri terjadi di tengah gelombang aksi protes warga terkait melonjaknya harga gas LPG.
 
Dekrit yang ditandatangani Tokayev secara efektif menandai pembubaran kabinet. Namun dalam dekrit disebutkan bahwa semua jajaran kabinet harus tetap memenuhi tugas mereka hingga kabinet baru disahkan.
 
Deputi Pertama Perdana Menteri Alikhan Smailov ditunjuk sebagai pelaksana tugas PM Kazakhstan di masa interim ini. Sejak 25 Februari 2019, pemerintahan Kazakhstan dipimpin oleh PM Askar Mamin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Sputnik, Rabu, 5 Januari 2022, dekrit juga menyebutkan bahwa Krymbek Kusherbayev sudah tidak lagi menjabat sebagai sekretaris negara. Dalam pengumuman terpisah, jabatan itu dialihkan ke Yerlan Karin.
 
Murat Nurtleu disiapkan untuk menjadi deputi pertama kepala Komite Keamanan Nasional Kazakhstan.
 
Penandatanganan dekrit dilakukan beberapa jam usai tokayev mendeklarasikan status darurat terkaitt unjuk rasa menentang kenaikan harga gas. Tokayev juga memberlakukan jam malam di Almaty dan provinsi Mangystau
 
Status darurat di Kazakhstan diperkirakan tetap berlaku hingga 19 Januari mendatang.
 
Baca:  Unjuk Rasa Berubah Jadi Kerusuhan, Kazakhstan Umumkan Keadaan Darurat
 
Unjuk rasa mengecam kenaikan harga minyak di Kazakhstan sudah berlangsung sejak tiga hari terakhir.
 
Beberapa foto dan video memperlihatkan bentrokan aparat keamanan dengan para demonstran. Dalam suatu peristiwa, polisi menggunakan granat kejut untuk membubarkan massa.
 
Para demonstran menilai kinerja pemerintahan saat ini tidak becus dalam berbagai hal, termasuk dalam pengendalian harga komoditas di tengah masyarakat.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif