Sekelompok personel Taliban berkumpul dalam sebuah acara di Kabul, Afghanistan. (AFP)
Sekelompok personel Taliban berkumpul dalam sebuah acara di Kabul, Afghanistan. (AFP)

Pertemuan 'Persatuan Nasional' Taliban Berakhir Tanpa Terobosan

Willy Haryono • 03 Juli 2022 09:17
Kabul: Pertemuan "Persatuan Nasional" kelompok Taliban di Kabul, Afghanistan, berakhir tanpa terobosan apa pun pada Sabtu, 2 Juli 2022. Pertemuan hanya memperlihatkan dukungan kelompok ulama dan kepala suku kepada Taliban, tanpa adanya janji untuk membuka sekolah untuk perempuan atau membentuk sebuah pemerintahan inklusif.
 
Lebih dari 3.000 ulama dan kepala suku yang dipilih langsung Taliban menghadiri pertemuan nasional di ibu kota Afghanistan. Mereka sepakat untuk mendukung pemerintahan Taliban serta berjanji untuk tetap setia kepada pemimpin agung kelompok tersebut, Hibatullah Akhundzada.
 
Mereka juga menyerukan komunitas internasional untuk mengakui pemerintahan Taliban dan mencairkan dana bank sentral Afghanistan yang dibekukan sejak 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Bellingham Herald, hasil pertemuan juga mengecam segala bentuk gerakan oposisi bersenjata terhadap Taliban, dan menyerukan kembali para mantan politisi Afghanistan di luar negeri untuk pulang ke kampung halaman.
 
Ini merupakan pertemuan besar Taliban perdana sejak kelompok tersebut menguasai kembali Afghanistan tahun lalu. Pertemuan serupa pernah beberapa kali digelar di masa lalu dalam menentukan keputusan politik.
 
Acara selama tiga hari ini telah dua kali diserang oleh kelompok Islamic State (ISIS), namun pasukan Taliban mampu mengatasinya.
 
Taliban sangat mengharapkan pengakuan internasional atas pemerintahan mereka. Sejak tahun lalu hingga kini, belum ada satu negara pun yang mengakui pemerintahan mereka.
 
Kelompok garis keras itu juga ingin mendapatkan dana senilai miliaran dolar milik bank sentral Afghanistan yang disimpan di bank-bank Barat. Dana itu dibekukan AS sejak Taliban berkuasa.
 
Selama pertemuan berlangsung di Kabul, perwakilan Taliban dan AS juga berdialog di Doha. Mereka membahas berbagai hal, termasuk mengenai bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Afghanistan.
 
Baca:  Taliban dan AS Bahas Pencairan Dana Afghanistan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif