Mengambil tagline "Daisuki," dalam bahasa Jepang bermakna "Aku Sangat Suka," kegiatan ini bertujuan memperkuat rasa suka dan rasa cinta masyarakat Jepang terhadap Indonesia dan sebaliknya.
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Senin, 25 September 2023, Indonesia Fair 2023 "Daisuki" mengangkat tema utama Art, Culture, and Sustainable Development Goals. Kegiatan pameran mempromosikan berbagai produk Indonesia yang sudah resmi dijual di Jepang serta promosi kebudayaan Indonesia kepada masyarakat Jepang, khususnya di wilayah Jepang Barat.
Kegiatan pameran produk Indonesia selama 3 hari tersebut diramaikan oleh Bank Indonesia Tokyo menampilkan produk tas Wanita dan aksesoris yang telah dikurasi melalui program Karya Kreatif Indonesia (KKI); Pertamina Tokyo dan PPT Energy Trading; Garuda Indonesia Tokyo; Baliism dan Magno yang menampilkan alat-alat makan terbuat dari bambu dan radio kayu; produk kertas dan tisu oleh APP Japan dan Universal Paper; produk Oriji berupa Nanas dan pisang Lampung dari Great Giant Food Co, Ltd; Niitaka Co. Ltd dengan produk snack fitbar; Kampung Halal Mart dengan berbagai produk makanan dan minuman siap saji Indonesia yang telah resmi diimpor oleh Jepang; produk kopi dari Amano Coffee; Food truck ayam goreng halal dan kopi dari Bali Coffee; serta tenun dan busana wastra nusantara karya desainer Dian Oerip.
"Indonesia Fair 2023 'Daisuki' merupakan program promosi ekonomi, perdagangan, dan kebudayaan Indonesia terpadu yang terlaksana atas sinergi dan kolaborasi yang baik antar Perwakilan RI yang ada di Jepang," ujar Konjen RI Osaka, Diana Sutikno, saat menyampaikan sambutan di acara pembukaan pada 22 September lalu.
Produk Indonesia
Selain pameran produk, Indonesia Fair 2023 juga diisi dengan berbagai pementasan seni dan budaya Indonesia yang ditampilkan oleh sanggar-sanggar seni Indonesia di Osaka dan sekitarnya, yaitu Manik Kusuma, Hanajoss, Pasir Bintang, Wayan dan Ayu, PPI Osaka Nara, PPI Kyoto-Shiga, dan pelaku usaha.Selama gelaran, para pengunjung disuguhkan pertunjukkan tari Bali, boneka tanpa bayangan, angklung, tari kontemporer Indonesia, tari Sunda, dan fashion show busana karya Dian Oerip. Selain itu, pada kegiatan juga ditayangkan TVRI World dan SEA Today sebagai upaya promosi media nasional berbahasa Inggris kepada masyarakat setempat serta berbagai video promosi budaya dan pariwisata Indonesia.
"Semoga melalui kegiatan ini masyarakat Jepang dapat lebih mengenal Indonesia dan terbangun persepsi positif terhadap produk unggulan, seni budaya dan sektor pariwisata Indonesia sehingga dapat semakin mempererat hubungan kedua negara yang telah memasuki usia ke-65 pada tahun 2023 ini," lanjut Konjen Diana.
Dalam seremoni pembukaan, Konjen RI Osaka menyaksikan penyerahan penghargaan Forest Restoration Project-SDGs Together kepada customer APP Japan yang berdedikasi terhadap pembangunan SDGs di Indonesia. Indonesia Fair 2023 di AEON Mall Itami ini merupakan lanjutan dari pelaksanaan kegiatan serupa di AEON Mall Saitama pada Mei 2023 lalu.
Baca juga: KBRI Tokyo & Hideo Tokyo Gelar Pameran 'Exploring the Beauty of Indonesia'
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id