Biden mengatakan Washington akan siap untuk campur tangan secara militer untuk membela Taiwan. (Foto: medcom.id)
Biden mengatakan Washington akan siap untuk campur tangan secara militer untuk membela Taiwan. (Foto: medcom.id)

Pemimpin Quad Bertemu di Jepang, Bahas Tiongkok

Marcheilla Ariesta • 24 Mei 2022 10:59
Tokyo: Para pemimpin Jepang, India, Australia, dan Amerika Serikat bertemu di Tokyo hari ini, Selasa, 24 Mei 2022. Pertemuan ini untuk mencari titik temu dalam melawan pertumbuhan ekonomi dan kekuatan militer regional Tiongkok
 
Pertemuan kelompok Quad ini berlangsung saat Negeri Tirai Bambu meningkatkan militernya dan melakukan latihan serta manuver di sekitar wilayah yang disengketakan, termasuk Taiwan.
 
Dalam konferensi persnya kemarin, Presiden AS Joe Biden memperingatkan Tiongkok 'bermain dengan bahaya' karena meningkatkan aktivitas militer mereka di sekitar Taiwan. Pulau itu dianggap Beijing sebagai bagian dari wilayah mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biden mengatakan Washington akan siap untuk campur tangan secara militer untuk membela Taiwan. "Jangan meremehkan kebulatan tekad dan kemampuan kuat negara kami," kata juru bicara Kemenlu Tiongkok menanggapi ucapan Biden.
 
Dilansir dari Malay Mail, Jepang juga secara bertahap meningkatkan retorikanya pada gerakan militer Beijing. Negeri Sakura memperingatkan Tiongkok terhadap upaya untuk mengubah status quo secara sepihak dengan paksa.
 
Tokyo bermitra dengan Washington untuk memantau aktivitas angkatan laut Beijing dan khususnya pergerakan di sekitar wilayah yang disengketakan oleh Jepang di Pulau Senkaku atau yang disebut Tiongkok Pulau Diaoyu.
 
Dengan latar belakang ini, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan menyambut Biden, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Australia yang baru terpilih Anthony Albanese.
 
Di antara beberapa dari empat, ada harapan bahwa aliansi longgar sedang diubah menjadi blok yang lebih tangguh yang mampu menghadirkan front persatuan ke Beijing.
 
"The Quad menunjukkan kepada dunia bahwa kerja sama di antara negara-negara demokrasi dapat menyelesaikan hal-hal besar," ucap Biden.
 
Baca: PM Baru Australia Nilai Hubungan dengan Tiongkok Sulit Diperbaiki
 
Tapi persatuan itu diperumit oleh perpecahan dengan India satu-satunya anggota Quad yang tidak mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

 
(WAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif