Presiden AS Donald Trump di antara pasukan Amerika di Afghanistan saat kunjungan 2019. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump di antara pasukan Amerika di Afghanistan saat kunjungan 2019. Foto: AFP

AS Segera Lanjutkan Penarikan Pasukan dari Irak dan Afghanistan

Internasional amerika serikat irak afghanistan
Marcheilla Ariesta • 09 September 2020 20:31
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengumumkan penarikan pasukan lebih lanjut dari Irak dan Afghanistan dalam beberapa hari ke depan. Pengumuman ini disampaikan seorang pejabat senior pemerintah.
 
Pejabat itu menuturkan selama pertemuan dengan Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhemi pada Agustus lalu, Trump mengatakan pasukan Amerika akan meninggalkan Irak.
 
"Tapi (Trump) tidak memberikan jadwalnya," kata pejabat itu, dilansir dari Japan Times, Rabu, 9 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembicaraan antara pasangan itu datang dengan serangan terhadap target Amerika oleh pejuang pro-Iran yang sedang meningkat. Pemerintah Irak juga menghadapi seruan untuk mengusir sekitar 5.000 pasuka AS yang dikerahkan di negara itu sebagai bagian dari upaya anti-terorisme.
 
Militer AS menarik diri dari Irak pada akhir 2011 silam. Mereka meninggalkan misi kecil yang melekat pada Kedutaan Amerika Serikat di sana.
 
Namun, pasukan AS tambahan dikerahkan beberapa tahun kemudian untuk mendukung pasukan Irak dalam perang mereka melawan ISIS. Penambahan pasukan terbanyak terjadi usai serangan ISIS di musim panas 2014.
 
Di Afghanistan, Washington saat ini memiliki 8.600 tentara, sesuai dengan perjanjian bilateral yang ditandatangani pada Februari lalu dengan Taliban. Sementara itu, pada Agustus kemarin, Pentagon mengatakan mereka bertujuan untuk menurunkan kurang dari 5.000 tentara saat pembicaraan damai antar-Afghanistan berlangsung.
 
Di bawah kesepakatan AS-Taliban, semua pasukan asing harus meninggalkan negara itu pada musim semi 2021, dengan imbalan komitmen keamanan dari kelompok tersebut.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif