Karangan bunga diletakkan di samping foto Ratu Elizabeth II. (AFP)
Karangan bunga diletakkan di samping foto Ratu Elizabeth II. (AFP)

Selandia Baru Umumkan Libur Nasional untuk Mengenang Ratu Elizabeth II

Marcheilla Ariesta • 12 September 2022 18:06
Wellington: Selandia Baru mengumumkan hari libur nasional selama satu hari untuk menandai dan mengenang kematian Ratu Elizabeth II. Rencananya, hari libur nasional ini akan diberlakukan pada Senin, 26 September mendatang.
 
"Saya harap ini akan menjadi kesempatan bagi kita semua untuk mengapresiasi layanan seumur hidup yang diberikan Ratu Elizabeth II kepada Selandia Baru," kata Ardern, dikutip dari AFP, Senin, 12 September 2022.
 
Sejak 70 tahun terakhir, lanjut dia, Ratu Elizabeth II adalah "penguasa kita, kepala negara kita."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut PM Ardern, Ratu Elizabeth II telah memberikan kontribusi besar kepada Selandia Baru. Kematiannya disebut PM Ardern menandai akhir signifikan dari sebuah bab kehidupan sang kepala monarki.
 
Sebuah upacara peringatan kenegaraan untuk Ratu Elizabeth II akan diadakan di Katedral St Paul di ibu kota Wellington pada hari yang sama. PM Ardern mengaku akan meninggalkan Selandia Baru pada 14 September untuk menghadiri pemakaman ratu di London. Segera setelah itu, ia akan menghadiri Majelis Umum PBB di New York.
 
Selandia Baru mengikuti jejak Australia, yang menjadikan satu hari libur nasional untuk mengenang Ratu Elizabeth II. Negeri Kanguru telah menetapkan hari libur tersebut pada 22 September mendatang.
 
Seperti PM Ardern, PM Australia Anthony Albanese juga akan terbang ke London untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II.
 
Hari Minggu kemarin, Australia dan Selandia Baru secara resmi memproklamasikan Raja Charles III sebagai raja. Kedua bekas koloni Inggris itu telah merdeka selama beberapa dekade, tetapi mempertahankan raja sebagai kepala negara mereka.
 
Wales, Skotlandia dan Irlandia Baru juga telah memproklamasikan Raja Charles III sebagai raja mereka.
 
Baca:  Raja Charles III Diproklamasikan di Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif