Perayaan ASEAN Day di Sri Lanka. Foto: KBRI Kolombo
Perayaan ASEAN Day di Sri Lanka. Foto: KBRI Kolombo

KBRI Kolombo Jadi Tuan Rumah Upacara ASEAN Day di Sri Lanka

Marcheilla Ariesta • 10 Agustus 2022 01:09
Kolombo: Dalam rangka memperingati Hari ASEAN, perwakilan negara anggota ASEAN di Sri Lanka melaksanakan upacara pengibaran bendera ASEAN. Untuk upacara ini, perwakilan yang hadir yakni dari Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.
 
Peringatan ASEAN Day ke-55 dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri Sri Lanka, Aruni Wijewardane, sebagai sebagai tamu kehormatan, didampingi Kepala Protokol dan pejabat Kemenlu Sri Lanka lainnya. Acara juga dihadiri oleh korps diplomatik dan komunitas negara-negara anggota ASEAN di Sri Lanka.
 
Mewakili para Kepala Perwakilan Negara-negara ASEAN di Sri Lanka, Duta Besar Indonesia, Dewi Gustina Tobing, dalam sambutannya menyampaikan dukungan negara-negara anggota ASEAN kepada Sri Lanka pada masa sulit yang dihadapi saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"ASEAN senantiasa mendukung Sri Lanka dalam upaya memulihkan ekonomi demi kesejahteraan rakyat," ucap Dubes Dewi, dikutip dari keterangan KBRI Kolombo, Selasa, 9 Agustus 2022.
 
Dewi juga menyampaikan update mengenai rekomendasi ASEAN Foreign Ministers Meeting (AMM) ke-55, berlangsung pada 3 Agustus 2022 di Phnom Penh, Kamboja.
 
Pembaruan tersebut antara lain penegasan komitemen ASEAN mengatasi tantangan dan mempertahankan momentum terbentuknya Komunitas ASEAN. Selain itu, Dewi menambahkan, perlunya memperkuat kerja sama dengan mitra dialog dan mitra eksternal ASEAN.
 
Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Sri Lanka,memuji capaian luar biasa yang diperoleh ASEAN sejak pembentukannya 55 tahun yang lalu. Aruni juga mengapresiasi pesan solidaritas yang disampaikan ASEAN dan menginformasikan kunjungan Menteri Luar Negeri, Ali Sabry, pada ASEAN Regional Forum (ARF) di Kamboja.
 
Ia menegaskan, ASEAN merupakan mitra regional terpenting bagi Sri Lanka. "Keberhasilan ASEAN di bidang ekonomi merupakan pembelajaran berharga bagi Sri Lanka maupun organisasi regional lainnya," pungkasnya.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif