Tiga WNI di India dirawat di rumah sakit akibat covid-19. Foto: AFP.
Tiga WNI di India dirawat di rumah sakit akibat covid-19. Foto: AFP.

KBRI: 29 WNI Positif Covid-19 di India

Internasional India wni perlindungan wni covid-19 pandemi covid-19
Marcheilla Ariesta • 06 Mei 2021 20:45
New Delhi: Kedutaan Besar RI di New Delhi melaporkan ada 29 warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus korona (covid-19) di India. Dari jumlah tersebut, tiga orang dirawat di rumah sakit.
 
"Tiga diantaranya masih dirawat di rumah sakit karena gejalanya menengah, sedang yang 26 isolasi mandiri dengan gejala ringan," kata Konselor Fungsi Sosial dan Budaya KBRI New Delhi, Hanafi kepada Medcom.id, Kamis, 6 Mei 2021.
 
Ia menuturkan jika KBRI New Delhi sudah mendengar ada beberapa yang sembuh. Meski demikian, kata Hanafi, angka belum diturunkan karena hasil tes mereka belum keluar atau masih menunggu jadwal tes PCR selanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanafi menambahkan, para WNI yang terinfeksi covid-19 di India tersebar di berbagai wilayah, seperti New Delhi, Maharastra, Haryana, West Bengal, Tamil Nadu, Andra Pradesh, Karnataka, Punjab, Jammu Kashmir dan Uttar Pradesh.
 
Ia mengatakan saat ini ada 798 WNI yang tersebar di seluruh India. "KBRI dan KJRI senantiasa berkomunikasi secara intens dengan teman-teman WNI ini, baik melalui WhatsApp Group, virtual meeting maupun karena memang jumlahnya tidak banyak, kita WhatsApp satu per satu," imbuhnya.
 
Menurutnya, komunikasi yang dilakukan dengan para WNI ini sudah intens. Ia memandang komunikasi tersebut sebagai fondasi dalam menjalankan tugas perlindungan WNI, khususnya di masa sulit.
 
Baca juga: India Peringatkan Warganya Bersiap Hadapi Gelombang Baru Covid-19
 
"Jaringan komunikasi tersebut kami manfaatkan untuk menyampaikan imbaua, info-info penting, dan tentunya menanyakan kabar," seru Hanafi.
 
India sedang menjadi perhatian dunia karena dihantam gelombang kedua covid-19 yang sangat parah. Sejak akhir Maret ini, angka infeksi di India terus meningkat.
 
Per hari ini, 412.262 kasus baru covid-19 dikonfirmasi. Ini menjadikan total kasus infeksi di India sebanyak 21,1 juta.
 
Angka kematian akibat virus korona di India juga terus bertambah setiap harinya. Dalam 24 jam terakhir, tercatat 3.980 orang meninggal akibat covid-19 menjadikan total kematian mencapai 230.168 kasus.
 
Pemerintah India menghadapi kritik karena tidak siap menghadapi gelombang kedua yang menyebabkan pasokan oksigen di sana langka.
 
Pasien meninggal di jalan di luar rumah sakit karena kekurangan tempat tidur. Kiriman oksigen dan peralatan medis dari Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Rusia, dan negara-negara lain telah berdatangan sepekan terakhir.
 
Namun, New Delhi masih butuh lebih banyak oksigen dari negara lain untuk melawan lonjakan infeksi virus. 
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif