Direktur Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet./AFP
Direktur Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet./AFP

Direktur HAM PBB Pastikan akan Kunjungi Xinjiang Mei Mendatang

Marcheilla Ariesta • 09 Maret 2022 06:06
Jenewa: Direktur Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet mengumumkan, telah mencapai kesepakatan dengan Tiongkok untuk sebuah kunjungan. Ia memperkirakan akan melakukan kunjungan ke Negeri Tirai Bambu pada Mei mendatang.
 
Bachelet menuturkan, ia mengangkat kasus penangkapan dan penahanan para aktivis dengan Beijing.
 
"Kunjungan ini akan mencakup pemberhentian di wilayah barat terpencil Xinjiang," katanya kepada Dewan Hak Asasi Manusia, dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 8 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok menolak tuduhan melakukan pelecehan terhadap warga Uighur di Xinjiang. Mereka menggambarkan kamp yang ada di sana sebagai pusat kejuruan yang dirancang untuk memerangi ekstremisme.
 
Beijing mengatakan, semua orang di kamp tersebut 'lulus' pada akhir 2019.
 
Baca juga: Tiongkok Izinkan Komisaris Tinggi HAM PBB Kunjungi Xinjiang
 
Namun, laporannya tidak mengacu pada dugaan pelanggaran terhadap Uighur. Kantornya mulai mengumpulkan bukti sekitar 3,5 tahun yang lalu.
 
Merujuk pada Tiongkok, Bachelet menyuarakan keprihatinan tentang perlakuan terhadap orang-orang yang angkat bicara tentang isu-isu HAM yang dianggap kritis terhadap kebijakan pemerintah Beijing. 
 
"Beberapa telah menghadapi tahanan rumah atau hukuman penjara berdasarkan tuduhan kriminal yang berasal dari kegiatan mereka," katanya.
 
"Kantor saya telah mengangkat sejumlah kasus seperti itu kepada pemerintah dan mendorong pihak berwenang untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kebebasan berekspresi dan berpendapat sepenuhnya dihormati dan dilindungi," tambah Bachelet.
 
Ia menuturkan, tim pendahulu akan berangkat pada April mendatang untuk mempersiapkan kunjungannya. Ini merupakan kunjungan yang pertama oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia sejak Louise Arbor pergi ke Tiongkok pada 2005.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif