Latihan gabungan Garuda Shield tahun lalu./US Army
Latihan gabungan Garuda Shield tahun lalu./US Army

Kali Pertama, Jepang Gabung Latihan Tahunan Garuda Shield

Marcheilla Ariesta • 27 Juli 2022 18:25
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan, pasukan Angkatan Darat mereka akan bergabung dalam latihan militer Garuda Shield. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Indonesia pada 1-14 Agustus mendatang.
 
"Bulan depan, pasukan beladiri darat Jepang akan berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam latihan multilateral, Garuda Shield yang diselenggarakan di Indonesia," kata Kishida dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Joko Widodo di Tokyo, Rabu, 27 Juli 2022.
 
Garuda Shield merupakan latihan militer gabungan tahunan Indonesia dan Amerika Serikat (AS). Namun, beberapa negara kerap bergabung dalam latihan militer ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini, militer dari Australia, Jepang dan Singapura akan bergabung dengan Garuda Shield. Berdasarkan keterangan Kedutaan Besar AS di Jakarta, latihan gabungan ini  dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade.
 
Baca juga: Latihan Militer Gabungan Garuda Shield Kembali Digelar Tahun Ini
 
"Latihan Garuda Shield 2022 akan jauh lebih besar cakupan dan skalanya dibanding latihan sebelumnya dengan banyak negara yang untuk pertama kalinya ikut berpartisipasi atau hadir sebagai pengamat," demikian dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
 
Selain negara-negara yang berpartisipasi aktif, ada juga negara pengamat. Negara ini antara lain, Kanada, Prancis, India, Malaysia, Korea Selatan, Papua Nugini, Timor Leste, dan Inggris.
 
Jepang dan Indonesia baru saja menandatangani memorandum (MoU) kerja sama dalam bidang keamanan maritim. "Saya telah sampaikan kepada Presiden Joko Widodo, bahwa Jepang mendukung lebih lanjut peningkatan kemampuan keamanan maritim, termasuk penelitian yang sedang dilaksanakan untuk kerja sama kapal patroli," kata Kishida.
 
"Kami mengharapkan kerja sama keamanan kedua negara, termasuk di bidang pertahanan dapat berkembang lebih lanjut," pungkasnya.
 

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif