Vaksin covid-19 Covovax yang dikirim dari India ke Indonesia pada 7 Desember 2021. Foto: Dok.KJRI Mumbai
Vaksin covid-19 Covovax yang dikirim dari India ke Indonesia pada 7 Desember 2021. Foto: Dok.KJRI Mumbai

4 Juta Vaksin Covovax Akan Tiba dari India Hari Ini

Internasional indonesia-india covid-19 vaksin covid-19 Vaksin Covovax
Fajar Nugraha • 08 Desember 2021 08:21
Mumbai: Pada Selasa, 7 Desember 2021 Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Mumbai telah melakukan pengawalan pengiriman tahap ketiga vaksin Covovax, produksi Serum Institute India, dari bandara Chattrapaji Shivaji, Mumbai ke Indonesia via Dubai. Vaksin covid-19 ini akan tiba di Tanah Air 8 Desember 2021.
 
Dukungan simultan dalam upaya nasional penanganan pandemi covid-19 di Indonesia sekaligus untuk mencapai tujuan herd immunities melalui program vaksinasi nasional di Indonesia telah dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan.
 
Sebagai salah satu sumbangsih suksesnya misi tersebut, KJRI Mumbai telah melakukan berbagai upaya simultan, khususnya upaya dalam hal pendampingan dan fasilitasi pengiriman bahan baku obat yang diperlukan dalam penanganan covid-19 dan vaksin covid-19 sejak awal pandemi covid-19 merebak di tanah air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jumlah vaksin Covovax dalam pengiriman tahap III adalah 4.000.000 dosis. Pengiriman tahap ketiga ini melengkapi rangkaian pengiriman tahap I dan II yang telah terlaksana pada 26 November 2021 dan 1 Desember 2021 lalu,” sebut pihak KJRI Mumbai, dalam keterangan yang diterima Medcom.id, Rabu 8 Desember 2021.
 
“Pengiriman tahap ketiga ini melengkapi total komitmen 9 juta dosis Covovax yang telah difinalisasi oleh entitas Serum Institute India (SII) dan entitas farmasi nasional Indofarma hingga akhir 2021,” imbuhnya.
 
“Sebagai informasi, kedua entitas memiliki total komitmen mengikat (binding commitment) sejumlah 50 juta dosis yang akan difinalisasi di tahun 2022 sesuai dengan arahan Kemenkes RI,” tambah pihak KJRI.
 
Vaksin Covovax (COVOVAX: SARS-CoV-2 rS Protein (COVID-19) merupakan vaksin rekombinan spike protein produksi dari Serum Institute India yang telah didaftarkan guna memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional sebagai bagian dari langkah preventif dalam strategi penanganan pandemi covid-19 di dalam negeri.
 
Komitmen pemenuhan vaksin Covovax ini dilakukan antara entitas Serum Institute India, sebagai salah satu produser vaksin terbesar di dunia, dengan entitas farmasi nasional Indofarma. Vaksin Covovax telah melewati uji klinis di beberapa negara (Inggris, India dan Afrika Selatan) dengan hasil baik, termasuk untuk penyintas AIDS (ODHA).
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif