Kondisi Tonga pascaletusan gunung api dan tsunami. Foto: Dok/Metro TV
Kondisi Tonga pascaletusan gunung api dan tsunami. Foto: Dok/Metro TV

Begini Kondisi Tonga Pasca-Letusan Gunung Api dan Tsunami

MetroTV • 21 Januari 2022 15:08
Tonga: Setelah kabar bencana alam berupa letusan gunung api bawah laut dan tsunami, Tonga hilang kabar. Namun, baru-baru ini beredar gambar kondisi Tonga saat ini oleh Marian Kupu di internet.
 
Dari video yang terpublikasi, tampak abu vulkanik letusan gunung api bawah laut Hunga Tonga Hunga Ha'apai menyelimuti seluruh wilayah Kepulauan Tonga. Hingga Kamis waktu setempat, abu terlihat menyelimuti mobil dan berbagai jalan di Kota Nuku’alofa.
 
"Sementara itu, pejabat kemanusiaan PBB melaporkan sekitar 84.000 penduduk atau lebih dari 80% populasi Tonga terdampak letusan gunung," ujar Presenter Metro TV Kevin Egan dalam tayangan Headline News di Metro TV pada Kamis, 20 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total korban yang tercatat saat ini adalah tiga orang meninggal dunia, meliputi dua penduduk lokal dan seorang perempuan warga negara Inggris, serta sejumlah orang terluka akibat letusan gunung api yang disertai dengan tsunami.
 
Selain itu, kabarnya ribuan orang telah kehilangan tempat tinggal dan sumber air bersih karena tercemar abu vulkanik. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga menyatakan, penduduk Tonga sangat membutuhkan pasokan air bersih, makanan, dan kebutuhan selain pangan.
 
Namun pemerintah setempat memprioritaskan perbaikan telekomunikasi termasuk jaringan telepon internasional dan internet. Hal ini juga yang membuat Marian Kupu berhasil mengedarkan gambar-gambar terkait kondisi Tonga saat ini. (Leres Anbara)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif