Presiden sementara Sri Lanka Ranil Wickremesinghe maju ke pemilu presiden Sri Lanka. Foto: AFP
Presiden sementara Sri Lanka Ranil Wickremesinghe maju ke pemilu presiden Sri Lanka. Foto: AFP

Dua Kandidat Utama akan Bertarung untuk Rebut Kursi Presiden Sri Lanka

Marcheilla Ariesta • 20 Juli 2022 01:01
Kolombo: Presiden sementara Sri Lanka Ranil Wickremesinghe dan mantan menteri Dullas Alahapperuma akan menjadi dua pesaing utama dalam memperebutkan kursi kekuasaan di negara itu. Mereka yang mengumpulkan suara terbanyak akan memimpin negara itu keluar dari krisis ekonomi terparah sejak 1948.
 
Sebanyak 225 anggota parlemen akan memberikan suara mereka dalam pemungutan suara pada Rabu, 20 Juli 2022. Pemilihan ini penting setelah presiden sebelumnya, Gotabaya Rajapaksa kabur meninggalkan negara itu.
 
"Sangat penting bagi kita untuk segera memiliki pemerintahan baru, agar stabilitas politik dipulihkan dan pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional untuk bailout sampai pada kesimpulan yang bermanfaat," kata Paikiasothy Saravanamuttu, kepala Pusat Alternatif Kebijakan di Kolombo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Voice of America (VOA), Selasa, 19 Juli 2022, Wickremesinghe, seorang politisi veteran dan enam kali menjadi perdana menteri. Ia mendapat dukungan dari faksi partai yang berkuasa, yang merupakan partai terbesar di parlemen.
 
Namun, para pedemo krisis ekonomi memintanya untuk mengundurkan diri. Pasalnya, ia dianggap sebagai sekutu Rajapaksa.
 
Para pengunjuk rasa, yang membakar kediamannya pada 9 Juli dan menduduki kantornya minggu lalu, telah mengganti teriakan “Gota pergi” dengan “Ranil Pergi.”
 
Mereka menuduhnya sebagai bagian dari 'sistem' yang sama, yang menyebabkan keruntuhan ekonomi negara. Wickremesinghe diangkat sebagai perdana menteri oleh Gotabaya Rajapaksa pada Mei lalu.
 
Sementara itu, Alahapperuma didukung partai oposisi. Pemimpin oposisi utama Sri Lanka Sajith Premadasa mengatakan, akan mendukungnya.
 
Alahapperuma diharapkan dapat keluar sebagai juara dan menggantikan kroni Rajapaksa. "Partai dan aliansi kami serta mitra oposisi akan bekerja keras untuk menjadikan Dullas Alahapperuma sebagai pemenang," pungkas dia.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif