Ribuan warga Wuhan, Tiongkok, merayakan malam pergantian tahun dari 2022 ke 2023. (STR / AFP)
Ribuan warga Wuhan, Tiongkok, merayakan malam pergantian tahun dari 2022 ke 2023. (STR / AFP)

Covid-19 Mewabah di Tiongkok, Ribuan Warga Wuhan Tetap Rayakan Tahun Baru

Willy Haryono • 01 Januari 2023 20:10
Wuhan: Ribuan warga Tiongkok turun ke jalan dan merayakan Tahun Baru 2023 walau kasus harian Covid-19 di negara tersebut tengah melonjak tajam dalam beberapa hari terakhir. Warga tetap berani keluar rumah, dan Pemerintah Tiongkok pun mencoba meyakinkan publik bahwa wabah Covid-19 di seantero negeri saat ini relatif terkendali.
 
Walau sebagian orang di sejumlah kota Tiongkok melakukan karantina di tengah wabah Covid-19, ada banyak lainnya yang tetap merayakan malam pergantian tahun dari 2022 ke 2023.
 
Di Wuhan, kota pertama kali munculnya Covid-19 di tahun 2019, ribuan warga mengatakan bahwa kekhawatiran mengenai dampak pelonggaran Covid-19 terhadap kehidupan sehari-hari telah menurun -- setidaknya untuk kelompok usia muda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada intinya, saya dan teman-teman saya merasa optimistis," ujar seorang guru berusia 29 tahun bernama Wu.
 
"Banyak orang keluar rumah dan beraktivitas," sambungnya, mengutip dari laman The Telegraph Online, Minggu, 1 Januari 2023.
 
"Kami semua tahu bahwa bagi orang paruh baya dan lanjut usia, terutama di atas 60 tahun, dan mereka yang memiliki penyakit bawaan, virus ini akan berdampak kepada mereka," sebut Wu.
 
Di saat banyak pemuda Wuhan keluar rumah dan merayakan tahun baru, ada antrean lansia di Rumah Sakit Tongji, sebuah fasilitas besar untuk penanganan Covid-19. Salah satu pasien, Huang, turut mengantre untuk mendapat perawatan.
 
"Saya merasa kurang enak badan. Saya tidak memiliki energi. Saya tidak bisa bernapas. Biasanya saya selalu sehat," ucapnya.
 
"Rumah sakit ini menurut saya memiliki banyak masalah. Saya harus menunggu cukup lama," lanjut Huang.
 
Baca:  Taiwan Tawarkan Bantuan Penanganan Covid-19 kepada Tiongkok
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif