Menteri Rekonstruksi Jepang Kenya Akiba berbicara kepada awak media di Tokyo, 27 Desember 2022. (STR / JIJI Press / AFP)
Menteri Rekonstruksi Jepang Kenya Akiba berbicara kepada awak media di Tokyo, 27 Desember 2022. (STR / JIJI Press / AFP)

Menteri Keempat Kabinet PM Jepang Fumio Kishida Mengundurkan Diri

Willy Haryono • 27 Desember 2022 15:08
Tokyo: Menteri Rekonstruksi Jepang Kenya Akiba menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Perdana Menteri Fumio Kishida pada Selasa, 27 Desember 2022. Ia menjadi menteri keempat yang mengundurkan diri sejak kabinet Kishida terbentuk Agustus lalu.
 
Tiga menteri lainnya mengundurkan diri secara berurutan akibat skandal, beberapa terkait pendanaan dan hubungan mereka dengan Gereja Unifikasi.
 
Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang diketahui memiliki keterkaitan dengan Gereja Unifikasi setelah pembunuhan mantan PM SHinzo Abe.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut sejumlah survei, keterkaitan itu merupakan alasan di balik rendahnya tingkat penerimaan publik terhadap PM Kishida.
 
Mengutip laporan Al Arabiya News, sejumlah partai oposisi menuduh Akiba terlibat dalam pelanggaran aturan pemilu serta memiliki keterkaitan dengan Gereja Unifikasi. Akiba mengundurkan diri meski membantah semua itu.
 
"Saya tidak melanggar hukum apa pun," tegas Akiba kepada awak media yang berkumpul di kediaman resmi PM Jepang, usai dirinya menyerahkan surat pengunduran diri.
 
"Ini merupakan keputusan sulit. Tapi saya menyerahkan surat pengunduran diri kepada perdana menteri karena saya merasa saya tidak boleh mengganggu jalannya perdebatan di parlemen," sambung dia.
 
Akiba akan digantikan mantan menteri rekonstruksi sebelumnya, Hiromichi Watanabe, menurut laporan Kyodo News hari ini.
 
Baca:  Mendagri Jepang Tiba-Tiba Mengundurkan Diri, Ada Apa?
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif